(Japan Open 2018) Ricky/Debby Ditundukkan Unggulan Pertama

(Tokyo, 11/9/2018)

Bermain dalam tekanan, pasangan ganda campuran Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto ditundukkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong di laga babak pertama Japan Open 2018. Ricky/Debby takluk dalam dua game langsung atas unggulan pertama asal Tiongkok tersebut, dengan skor 14-21, 12-21.

Dalam laga yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Ricky/Debby memang tak dapat mengeluarkan permainan terbaik mereka. Sebaliknya, Zheng/Huang begitu mudah mengontrol permainan dan membuat pasangan Indonesia dalam tekanan.

"Sebetulnya start awal kami sudah benar, tapi kemudian kami lebih banyak tertekan oleh lawan. Kami bermain seperti kurang lepas, kurang percaya diri. Kami terus dipaksa bermain bertahan dan lawan tidak memberi celah kepada kami untuk menyerang," ungkap Debby soal permainan.

"Memang di pertandingan ini kami seperti kurang yakin, bolanya banyak yang mengambang. Kami kurang menekan malah tertekan lawan. Kami sudah sempat mencoba mengubah permainan di game kedua, lebih siap defense dengan balik serang, tapi belum berhasil," jelas Ricky kepada Badmintonindonesia.org.

"Harus diakui kalau Zheng/Huang itu bisa konsisten dalam pola main. Sebetulnya pukulan-pukulan mereka tidak terlalu spesial sekali, tapi mereka bisa bermain cepat, jarang mati sendiri dan yang pasti rapi," tambah Debby.

Dengan kekalahan Ricky/Debby, nomor ganda campuran tinggal menyisakan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang akan bertanding siang ini.

Hasil sementara pertandingan babak pertama Japan Open 2018 dapat dilihat di sini. (*)