(Asian Games 2018) Jonatan Rebut Tiket Perempat Final

(Jakarta, 25/8/2018)

Jonatan Christie akhirnya memenangkan laga sengit melawan Khosit Phetpradab, wakil Thailand di babak 16 besar bulutangkis perorangan Asian Games 2018. Jonatan menang dengan skor 17-21, 21-18, 21-18.

Jonatan kembali harus melewati laga panjang seperti pertandingan-pertandingan sebelumnya. Kali ini ia mesti kehilangan game pertama dan di awal game kedua, ia juga sempat tertinggal. Jonatan membuka peluang besar di game ketiga dengan unggul sangat jauh 17-9.

Namun suasana kembali menegangkan saat Phetpradab mampu mengejar dan mendekat hingga kedudukan 18-16. Namun Jonatan yang tampil sabar, akhirnya menyelamatkan game penentuan. Sebaliknya, Phetpradab bermain terburu-buru dan malah membuat kesalahan sendiri.

"Tidak mudah melawan Khosit, tetapi Tuhan bantu saya banyak hari ini. Saya merasa performa saya kurang dibanding yang kemarin. Saya nggak mau menyerah begitu saja, ini Asian Games yang empat tahun sekali. Saya mau semaksimal mungkin, sampai habis, sampai saya benar-benar tidak bisa jalan seperti Anthony (Ginting), akan saya lakukan," jelas Jonatan setelah pertandingan.

"Cukup tegang di game pertama, karena harusnya game pertama itu saya ambil. Tapi tadi kecolongan sama dia, mungkin karena dia membaca permainan dan banyak menekan saya," katanya.

Kembali bermain dengan durasi panjang di babak 16 besar, otomatis menguras tenaga Jonatan. Jonatan akan fokus melakukan recovery untuk menghadapi lawan di babak perempat final yaitu Wong Wing Ki (Hong Kong).

"Yang paling penting saya mau istirahat total karena berasa dari pinggang ke bawah terasa berat. Dari kemarin mainnya nggak sebentar, butuh perjuangan keras," ungkap Jonatan.

"Untuk calon lawan di perempat final, Wong punya defense dan serangan bagus. Siapa yang lebih siap lagi yang akan menang besok. Seperti tadi, sebenarnya mungkin Khosit hari ini lebih siap, tapi saya benar-benar tidak mau ada rasa mengalah. Keluarkan apa yang saya punya, main mati-matian," ucap Jonatan.

Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto telah mengamankan game pertama atas wakil Korea, Kim Won Ho/Seo Seung Jae, dengan skor sementara 21-18. (*)