(Asian Games 2018) Tundukkan Jepang 3-1, Tim Putra Indonesia Melaju ke Final

(Jakarta, 21/8/2018)

Rekor pertemuan 0-4 atas Takuto Inoue/Yuki Kaneko ternyata tak membuat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terbebani dalam laga semifinal bulutangkis beregu Asian Games 2018. Fajar/Rian justru membalas kekalahan mereka di saat yang tepat dengan kemenangan dua game langsung, dengan skor telak, 21-10, 21-10.

Kemenangan Fajar/Rian ini sekaligus memastikan Indonesia lolos ke partai final beregu putra dengan menaklukkan Jepang, 3-1. Dua angka sebelumnya dipersembahkan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Jonatan Christie. Di partai pertama, Anthony Sinisuka Ginting pun sebenarnya sudah nyaris menang, namun ia masih harus mengakui keunggulan Kento Momota.

Prestasi ini tentunya menjadi capaian yang cukup baik, apalagi sudah 16 tahun lamanya tim putra Indonesia tak berada di partai puncak. Tim putra Indonesia terakhir kali merebut emas Asian Games beregu pada tahun 1998 di Bangkok, Thailand.

"Pertama-tama kami bersyukur karena tim Indonesia bisa ke final dan kami menyumbang poin. Kami main enjoy dan rileks, kami tidak terbebani karena Indonesia sudah unggul 2-1, jadi mainnya enak. Kami ingin skornya 3-1 saja. Kami belum pernah menang lawan mereka, ini menjadi motivasi sendiri buat kami," tutur Fajar dalam konferensi pers usai pertanding.

"Kami senang sebagai tuan rumah bisa menang hari ini dan kami bisa membalas kekalahan kami atas Inoue/Kaneko di rumah kami sendiri," tambah Fajar.

Sementara itu, Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI Herry Iman Pierngadi yang merayakan hari ulangtahunnya pada hari ini, sempat berharap kado ulang tahun berupa medali emas.

"Kami bersyukur bisa ke final, kalau nggak salah Indonesia sudah 16 tahun nggak ke final. Suatu kebanggaan untuk tim putra, khususnya tim ganda putra bisa menyumbang angka. besok kita di final melawan Tiongkok, kami mohon doa dan dukungan semuanya, semoga Istora lebih penuh lagi," kata Herry.

"Anak-anak memberikan ucapan selamat ulang tahun ke saya, lalu saya bilang saya mau kado. Kalau bisa kadonya medali emas," ujar Herry sambil tertawa.

Di babak final, tim putra akan berhadapan dengan Tiongkok. Tim Tiongkok ke partai puncak setelah mengalahkan Taiwan dengan skor 3-1.

Hasil pertandingan semifinal beregu putra Asian Games 2018 antara Indonesia vs Jepang (3-1) :

Anthony Sinisuka Ginting vs Kento Momota 21-14, 14-21, 16-21

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda 21-18, 21-12

Jonatan Christie vs Kenta Nishimoto 21-15, 21-19

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Takuto Inoue/Yuki Kaneko 21-10, 21-10

Ihsan Maulana Mustofa vs Kanta Tsuneyama tidak dimainkan