(Asian Games 2018) Tim Putri Indonesia Ungguli Jepang 1-0

(Jakarta, 21/8/2018)
Gregoria Mariska Tunjung membuka jalan bagu tim putri Indonesia dalam laga semifinal bulutangkis beregu Asian Games 2018 melawan Jepang. Kemenangan Gregoria atas pemain rangking dua dunia, Akane Yamaguchi, membawa Indonesia unggul 1-0.

Gregoria menang lewat partai dramatis dengan skor 21-16, 9-21, 21-18. Gregoria tampil luar biasa pada hari ini. Permainan cantik yang diwarnai banyak pukulan tipuan, seringkali kita saksikan di laga ini.

Di game kedua, akurasi pukulan Gregoria mulai menurun. Begitu banyak pengembalian Gregoria yang jatuhnya jauh di luar area pertahanan Yamaguchi. Tertinggal 9-17, terlalu jauh bagi Gregoria untuk mengejar. Ia pun akhirnya kehilangan game kedua.

Penampilan Gregoria tak kunjung membaik di game penentuan. Ia terus membuat kesalahan sendiri yang tentunya menguntungkan lawan. Sempat tertinggal 2-8, Gregoria menyusul dan bahkan membalikkan keadaan dengan unggul 11-10.

Ini menjadi titik balik kebangkitan Gregoria di game ketiga. Yamaguchi pun semakin tak yakin dengan pukulan-pukulannya.

“Tadi saya berusaha tampil lepas, tanpa beban. Karena peringkat lawan masih di atas saya. Saya hanya mencoba main maksimal,” ujar Gregoria.

“Di awal game ketiga, saya mainnya masih belum enak. Akhirnya saya tahu dia lebih sering mengarahkan bola ke belakang, dari situ saya sudah tahu mau main seperti apa,” tutur Gregoria.

“Memang sepertinya dia tadi agak ragu bermain di net sama saya,” tambahnya.

Saat berita ini diturunkan, di partai kedua tengah dimainkan nomor ganda putri antara Greysia Polii/Apriyani Rahayu melawan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. (*)