(Asia Junior Championships 2018) Kalah 1-3, Indonesia Terhenti Di Semifinal

 

(Jakarta, 16/7/2018)

Langkah tim beregu junior Indonesia akhirnya terhenti di semifinal Asia Junior Championships 2018. Indonesia tak berhasil mengatasi Tiongkok, setelah kalah 1-3 dalam laga yang berlangsung Senin (16/7). di Jaya Raya Sport Hall Training Center, Jakarta.

Junior merah putih kehilangan poin pertamanya, usai Ghifari Anandaffa Prihardika/Siti Fadia Silva Ramadhanti kalah dari Guo Xinwa/Liu Xuanxuan. Ghifari/Fadia sebenarnya sempat membuka peluang, dengan merebut game pertama mereka. Sayang setelahnya, Ghifari/Fadia kalah di game dua dan tiga.

Tertinggal 0-1 tak membuat Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay patah semangat. Ikhsan berhasil membawa Indonesia untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1, setelah menang 21-18 dan 21-14 dari Bai Yupeng.

Namun akhirnya, kemenangan rupanya bukan milik Indonesia untuk kali ini. Indonesia harus menerima kekalahan setelah dua wakil berikutnya gagal merebut merebut poin. Rehan Naufal Kusharjanto/Pramudya Kusumawardana dan Putri Kusuma Wardani sama-sama kalah dua game langsung dari lawan.

“Tadi pagi lawan Thailand dia mendapatkan lawan yang berat, dan bisa mengatasi. Di pertandingan kedua ini dia juga dapat lawan berat lagi dan menjadi salah satu poin pnentu Indonesia. Tapi saya lihat dia belum bisa lebih tenang. Moment pembukaannya sebenarnya sudah bagus, tapi belum bisa mempertahankan tempo dan fokus. Sehingga begitu dapat bola yang nggak enak, dia masih gampang goyang. Tapi kalau saya lihat dia sudah cukup maksimal,” kata Jeffer Rosobin, pelatih tunggal putri, mengenai penampilan Putri Kusuma Wardani.

Dengan demikian Tiongkok lah yang berhasil maju ke babak final. Mereka kemudian akan menghadapi Jepang di laga puncak tersebut.

Berikut hasil lengkap pertandingan Indonesia melawan Tiongkok:

(Ganda Campuran) Ghifari Anandaffa Prihardika/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Guo Xinwa/Liu Xuanxuan: 21-17, 17-21, 23-25

(Tunggal Putra) Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs Bai Yupeng: 21-18, 21-14

(Ganda Putra) Rehan Naufal Kusharjanto/Pramudya Kusumawardana vs Di Zijian/Wang Chang: 14-21, 20-22

(Tunggal Putri) Putri Kusuma Wardani vs Wang Zhiyi: 14-21, 13-21

(Ganda Putri) Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Liu Xuanxuan/Yuting Xia: (tidak dimainkan) (*)