(Blibli Indonesia Open 2018) Ricky/Debby Melesat ke Perempat Final

(Jakarta, 5/7/2018)

Satu tempat di perempat final ganda campuran Blibli Indonesia Open 2018 HSBC BWF World Tour Super 1000 berhasil diamankan oleh Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto. Di hadapan pendukung Istora, Ricky/Debby menundukkan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) dengan skor 21-14, 21-19.

Menang di game pertama, Ricky/Debby mendapat perlawanan sengit dari lawan di game kedua. Bahkan Ricky/Debby sempat tertinggal 14-18. Butuh tiga angka lagi, Puavaranukroh/Taerattanachai siap memainkan game ketiga.

Akan tetapi, Ricky/Debby tak mau menyerah begitu saja. Perlahan mereka mulai menyusul dan empat angka berturut-turut direbut Ricky/Debby hingga keadaan menjadi imbang 18-18. Ini tampaknya memompa semangat Ricky/Debby, mereka mulai mencuri kendali permainan dan akhirnya menutup game kedua.

"Dari pemanasan, saya sudah merasa yakin. Dari semalam, pagi waktu sarapan, semua teratur dan fokus. Dari luar lapangan saya sudah merasa percaya diri," kata Ricky dalam konferensi pers.

"Di game kedua waktu ketinggalan itu saya bermain tenang, tetap yakin. Walau ketinggalan, mikirnya satu demi satu poin dulu. Di game kedua memang mainnya cenderung bertahan dan saya mengingatkan cik Debby supaya polanya dipercepat lagi seperti di game pertama," jelas Ricky.

"Sebenarnya kami hanya bermain sesuai dengan pola permainan dan instruksi pelatih. Pola main kami mirip dengan lawan, tadi siapa yang lebih sabar saja yang menang. Waktu ketinggalan di game kedua, saya tidak memikirkan apakah akan dimainkan game ketiga, karena nanti terpecah konsentrasinya, pikirkan yang saat itu saja dulu," tambah Debby.

Sementara itu, saat ditanya soal bermain di dua nomor, Ricky mengaku mendapat banyak manfaat bermain rangkap.

"Di ganda campuran itu kan mainnya lebih capek karena harus cover lapangan, cover pemain putri, jadi pada saat di ganda putra mainnya lebih enak," tutur Ricky.

Masih ada peluang untuk menambah dua wakil di ganda campuran lewat penampilan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang akan bertanding siang ini. (*)