(Malaysia Open 2018) Jonatan Ungkap Penyebab Kekalahannya

(Kuala Lumpur, 28/6/2018)

Jonatan Christie tak dapat melanjutkan perjalanannya di ajang Malaysia Open 2018 HSBC BWF World Tour Super 750. Jonatan dikalahkan Brice Leverdez (Perancis), dengan skor 21-10, 17-21, 23-25.

Pertandingan kedua pemain ini memang berlangsung sengit dengan durasi sepanjang 70 menit. Jonatan tak mengalami kesulitan berarti di game pertama. Namun di awal game kedua, Jonatan melakukan unforced errors yang berbuah keuntungan bagi lawan. Jonatan tertinggal 6-12, sempat mendekat 14-16, Jonatan tetap belum mampu menyelesaikan permainan.

Jonatan sebetulnya berpeluang besar untuk memenangkan game ketiga saat unggul jauh 15-10 dan bahkan lebih dulu merebut match point dengan kedudukan 20-18. Namun Leverdez yang tampil agresif di akhir permainan, akhirnya membalikkan keadaan.

 

"Hal ini sudah terjadi pada diri saya di 2-3 turnamen belakangan. Setiap poin penting, saat saya lagi leading, saya merasa harus bisa menang. Memang saya ingin menang, pada saat unggul, kenapa saya tidak lebih menekan lawan?" ungkap Jonatan kepada Badmintonindonesia.org.

"Memang saya sudah unggul 16-12 dan 20-18 di game ketiga, tapi saat itu lawan lebih berani dan mempercepat permainan, terutama dari bola-bola depan. Ini membuat saya dibawah tekanan terus, mau tidak mau saya angkat bola, jadinya kena serang terus," ucapnya.

"Kalau soal fokus sih saya fokus di lapangan, tidak blank. Mungkin kematangan stroke dan strategi saya yang masih harus ditingkatkan," kata Jonatan.

Sementara ada tiga wakil Indonesia yang lolos ke perempat final Malaysia Open 2018, diantaranya Tommy Sugiarto, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris.

Masih ada kesempatan untuk menambah wakil ke perempat final lewat pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Ronald Alexander/Annisa Saufika dan Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja. (*)