(Malaysia Open 2018) Kondisi Tak Fit, Ricky Karanda Suwardi Absen di Dua Nomor

(Kuala Lumpur, 25/6/2018)

Kondisi pebulutangkis ganda campuran Ricky Karanda Suwardi yang kurang fit membuatnya terpaksa absen dari panggung Malaysia Open 2018 HSBC BWF World Tour Super 750. Ricky rencananya akan berpasangan dengan Debby Susanto di ganda campuran, serta dengan Angga Pratama di ganda putra.

Ricky saat ini memang fokus di ganda campuran, namun dari segi peringkat, ia dan Angga masih dinyatakan lolos untuk bertanding di turnamen tersebut sehingga keduanya wajib untuk tampil demi menghindari denda.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Badmintonindonesia.org dari Kepala Pelatih Ganda Campuran PP PBSI, Richard Mainaky, Ricky tengah sakit tenggorokan dan hal ini mengganggu persiapannya menuju Malaysia Open.

"Keadaan Ricky memang kurang baik, karena kemarin setelah Lebaran dia sakit tenggorokan. Sehingga amandelnya sempat bengkak. Jadi lebih baik dia persiapkan diri untuk Indonesia Open saja," ujar Richard.

Skuat ganda campuran bakan diperkuat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Ronald Alexander/Annisa Saufika. Dari keempat wakil, Tontowi/Liliyana memang masih menjadi andalan yang memiliki peluang terbesar.

"Kondisi Tontowi/Liliyana saat ini oke kok. Secara umum sampai latihan tadi pagi, mereka dalam kondisi yang baik. Mereka sudah saya persiapkan sekitar satu bulan untuk turnamen ini," ungkap Richard.

Tontowi/Liliyana yang saat ini merupakan unggulan pertama, akan berhadapan dengan Liao Min Chun/Chen Hsiao Huan dari Taiwan. Jika terus melaju, Tontowi/Liliyana berkemungkinan untuk jumpa Praveen/Melati di perempat final.

Namun Praveen/Melati pun harus melewati ujian berat menghadapi pasutri asal Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock, di babak pertama. Di pool bawah, Hafiz/Gloria akan ditantang oleh unggulan keenam dari Denmark, Mathias Christiansen/Christinna Pedersen, pada laga pertama. (*)