(Badminton Asia Championships 2018) Rizki/Della Terhenti di Semifinal

(Wuhan, 28/4/2018)

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota tampaknya masih terlalu tangguh bagi pasangan Indonesia, Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris. Dalam laga semfinal Badminton Asia Championships 2018, Rizki/Della ditaklukkan unggulan ketiga asal Jepang ini dengan skor 29-27, 17-21, 11-21.

Rizki/Della sebetulnya berpeluang untuk memenangkan pertandingan dua game langsung saat unggul 11-6 di game kedua. Namun perlahan tapi pasti, Fukushima/Hirota mulai mengejar, pertandingan pun berlangsung ramai. 

Saat kedudukan 17-19, satu sambaran Della dinyatakan keluar. Rizki/Della sempat protes dan mengatakan kalau shuttlecock jatuhnya jauh di dalam garis lapangan. Namun wasit tetap mengiyakan keputusan hakim garis saat itu. 

"Kami merasa dari awal permainan, kami sudah tampil maksimal. Di game kedua, kami sudah unggul dan terkejar, kami agak kurang maksa. Sebetulnya sayang, saya sempat kecewa karena pukulan saya dibilang out itu, padahal harusnya poin jadi 18-19, tidak terpaut jauh jadi 17-20. Soalnya ini kejadiannya di poin-poin kritis," ungkap Della kepada Badmintonindonesia.org.

"Tidak masalah soal stamina, dari awal kami sudah siap capek. Lawan mengubah pola jadi lebih lambat. Kami kalah dari segi pikiran, kalah di konsentrasinya," tambah Rizki

"Fukushima/Hirota ini pertahanannya cukup rapat, pukulannya pun lebih ada tekanannya," kata Della.

Dengan hasil ini, Indonesia hanya mengirim satu wakil ke final. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil lolos ke partai puncak setelah mengalahkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong (Tiongkok), dalam dua game langsung, 21-11, 21-13. 

Di laga final yang akan berlangsung besok, Minggu (29/4), Tontowi/Liliyana akan kembali berhadapan dengan wakil Tiongkok, antara Wang Yilyu/Huang Dongping atau Zhang Nan/Li Yinhui. (*)