(Badminton Asia Championships 2018) Dua Wakil Melaju ke Semifinal

(Wuhan, 27/4/2018)

Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto masih belum bisa mengatasi perlawanan pasangan rangking dua dunia, Wang Yilyu/Huang Dongping, asal Tiongkok. Pada pertarungan perempat final Badminton Asia Championships 2018 yang berlangsung di Wuhan Sports Center, Wang/Huang berhasil mengalahkan Ricky/Debby dengan skor 21-15, 21-19. 

Ricky/Debby sebetulnya punya peluang untuk memperpanjang permainan saat berhasil menyusul dari 13-18 menjadi 18-18 hingga 19-19. Sayangnya dua kesempatan ini tak berhasil dimanfaatkan dengan baik. 

"Di game pertama kalau Ricky yakin, bolanya sebetulnya enak buat dia, tapi masih ada touchyang kurang pas, makanya pengembaliannya jadi kurang akurat. Sebetulnya permainan kami sudah lebih enak di game kedua, celahnya sudah ketemu, sudah pas dengan pola kami, tetapi sayang di akhir kami terburu-buru," tutur Debby usai pertandingan. 

"Saya rasa sedikit-sedikit saya mulai dapat irama permainan ganda campuran, tidak seperti di awal-awal. Dari tiga turnamen, bisa dibilang sekarang saya sudah bisa menyesuaikan," tambah Ricky. 

Indonesia mengirim dua wakil ke semifinal kejuaraan Asia lewat pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan pasangan ganda putri Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris. 

Tontowi/Liliyana melangkah ke semifinal dengan mengalahkan He Jiting/Du Yue (Tiongkok), dengan skor 21-11, 9-21, 21-10. Rizki/Della juga menjajaki semifinal dengan menyingkirkan wakil Jepang, Naoko Fukuman/Kurumi Yanao, dengan skor 21-12, 21-12. 

Pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melangkah ke semifinal setelah ditaklukkan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dengan skor 19-21, 14-21. 

Babak semifinal akan dilangsungkan besok, Sabtu (28/2), mulai pukul 14.00 waktu Wuhan. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di sini. (*)