(Badminton Asia Championships 2018) Rizki/Della Kembali Tumbangkan Chen/Jia

(Wuhan, 26/4/2018)

Untuk ketiga kalinya, pasangan ganda putri Rizki Amelia Pradipta/Dela Destiara Haris berhasil menundukkan Juara Dunia 2017, Chen Qingchen/Jia Yifan (Tiongkok). Di hadapan publiknya sendiri, Chen/Jia yang merupakan unggulan pertama ini, menyerah dua game langsung dengan skor 16-21, 14-21. 

Dari tiga pertemuan dengan Rizki/Della, Chen/Jia tercatat belum pernah menang. Pertemuan pertama terjadi di Denmark Open 2017, saat itu Rizki/Della menang dengan skor 21-23, 21-18, 21-10. Pada pertemuan kedua di Daihatsu Indonesia Masters 2018, Rizki/Della kembali menaklukkan Chen/Jia dengan skor 21-15, 21-11. 

Rizki/Della mengaku tak memiliki strategi khusus dalam menghadapi Chen/Jia. Mereka hanya menerapkan pola permainan mereka sendiri. Tampaknya pola ini lah yang kurang cocok dengan permainan Chen/Jia. 

"Saya nggak tahu juga, padahal mereka kalau lawan pasangan lain tampil bagus. Mungkin mereka nggak suka sama pola main kami," ucap Della ketika ditanya soal kemenangan ketiga atas Chen/Jia. 

"Karena sudah sering ketemu, kami sudah tahu mau main apa. Chen/Jia sama seperti tipe pemain Tiongkok, mereka kuat, pertahanannya juga rapat. Cuma kami tidak langsung mau mematikan lawan, diatur dulu," kata Rizki kepada Badmintonindonesia.org. 

"Melawan mereka jangan main kuat-kuatan, kalau ada kesempatan yang enak banget buat nyerang, baru serang," tambah Rizki. 

Sektor ganda putri mengirim dua wakil ke babak perempat final. Sebelumnya pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil lolos setelah mengalahkan Lee Yu Rim/Baek Ha Na (Korea), dengan skor 21-12, 17-21, 21-13. (*)