(Badminton Asia Championships 2018) Hendra/Ahsan dan Angga/Rian ke Babak Utama

(Wuhan, 24/4/2018)

Dua pasangan ganda putra Indonesia berhasil mengantongi tiket babak utama Badminton Asia Championships 2018 yang kini tengah berlangsung di Wuhan, Tiongkok. Angga Pratama/Rian Agung Saputro lebih dulu lolos dengan dua kemenangan di grup C. 

Di laga pertama, Angga/Rian mengalahkan Danny Bawa Chrisnanta/Yong Kai Terry Hee dengan skor 21-19, 21-14. Di laga kedua, Angga/Rian kembali memetik kemenangan, kali ini atas wakil Kazakstan, Artur Niyanov/Dmitriy Panarin, 21-6, 21-15. 

Pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan kemudian menyusul Angga/Rian ke babak utama dengan menjadi jawara di penyisihan grup D. Hendra/Ahsan menang mudah atas pasangan Brunei Darussalam, Ahmad Mahyuddin Haji Abas/Mohamad Fairie Syah Ruslan, dengan skor 21-8, 21-15. Hendra/Ahsan kembali mendapat lawan yang tak terlalu berat di laga penyisihan kedua, mereka menang telak atas Dipesh Dhami/Ratnajit Tamang (Nepal), dengan skor 21-9, 21-7. 

Di babak utama, Hendra/Ahsan akan bertemu dengan wakil Korea, Kim Won Ho/Seo Seung Jae. Menghadapi Kim/Seo yang merupakan pemain muda, Hendra/Ahsan yang menang pengalaman diharapkan mampu bermain taktis. 

"Dengan pengalaman mereka, mudah-mudahan bisa mengatasi lawan yang merupakan pemain muda. Asalkan Hendra/Ahsan main normal, saya rasa ada peluang menang," kata Thomas Indratjaja, Asisten Pelatih Ganda Putra PBSI yang mendampingi Hendra/Ahsan. 

"Menghadapi pasangan Korea yang tipe mainnya keras dan kencang, jangan dilawan main keras juga tetapi lebih diatur. Jangan maksa adu power dengan pemain Korea, karena mereka bagus di situ, lebih banyak main skill saja," tambahnya.

"Angga/Rian persiapannya cukup baik ke turnamen ini, saya rasa seharusnya mereka bisa mendapat hasil yang maksimal," tutur Thomas. 

Di babak utama, Angga/Rian akan berhadapan dengan wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Sementara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga ditantang pasangan Negeri Ginseng, Choi Hyuk Gyun/Park Kyung Hoon. 

Pertandingan babak utama Badminton Asia Championships 2018 akan dimulai besok, Rabu (25/4), mulai pukul 10.00 waktu Wuhan, atau sekitar pukul 09.00 WIB. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di sini.(*)