(Badminton Asia Championships 2018) Dua Ganda Putra Menangi Laga Kualifikasi Pertama

(Wuhan, 24/4/2018)

Dua wakil ganda putra Indonesia melewati babak kualifikasi pertama Badminton Asia Championships 2018. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan lebih dulu lolos dengan memetik kemenangan mudah atas wakil Brunei Darussalam, Ahmad Mahyuddin Haji Abas/Mohamad Fairie Syah Ruslan dengan skor 21-8, 21-15. 

Angga/Rian kemudian menyusul setelah mengalahkan Danny Bawa Chrisnanta/Yong Kai Terry Hee (Singapura), dengan skor 21-19, 21-14. 

Hendra/Ahsan yang baru saja tiba semalam dari Kuala Lumpur, setelah mengikuti Malaysia International Challenge 2018, tidak sempat jajal lapangan dan menjalani sesi latihan di Wuhan. Babak kualifikasi ini dimanfaatkan mereka untuk pemanasan sekaligus beradaptasi dengan situasi lapangan. 

"Kami baru sampai semalam, nggak sempat latihan jadi tadi benar-benar baru coba lapangan. Kondisi lapangan lumayan, tidak ada angin kok," sebut Ahsan ketika ditemui Badmintonindonesia.org. 

"Kendala pasti ada, capek karena baru datang harus langsung tanding. Tetapi kami harus siap saja, istirahat lebih banyak dan jaga kondisi," kata Hendra menambahkan. 

"Lawan kami di kualifikasi hari ini juga belum terlalu berat," tambahnya. 

Sementara itu, Angga/Rian sudah mesti melewati laga yang lebih sengit dari Hendra/Ahsan. Sempat ramai di game pertama, Angga/Rian akhirnya bisa mengatasi Danny/Hee relatif mudah di game kedua. 

"Waktu di game pertama, kami memang masih adaptasi. Di game kedua, kami sudah lebih tahu permainan mereka. Kami masih tanding satu kali lagi di kualifikasi, mudah-mudahan bisa masuk ke babak utama," komentar Angga usai pertandingan.

"Di pertandingan tadi, saya banyak komunikasi sama Angga. Mainnya sudah enak terutama di game kedua, kami lebih bisa menerapkan pola permainan yang sesuai. Lawan itu tipe mainnya nyerang, tapi pertahanannya tidak terlalu rapat," beber Rian. 

Hendra/Ahsan dan Angga/Rian akan memulai pertandingan final di kualifikasi sekitar pukul 14.00 waktu Wuhan. Hendra/Ahsan akan bertemu dengan wakil Nepal, Dipesh Dhami/Ratnajit Tamang. Sedangkan Angga/Rian berhadapan dengan Artur Niyazov/Dmitriy Panarin (Kazakstan). 

Hasil sementara babak kualifikasi Badminton Asia Championships 2018 dapat dilihat di sini.(*)