(Jaya Raya Junior GP 2018) Ghifari Anandaffa Incar Gelar Juara

(Jakarta, 3/4/2018)

Pemain muda nasional Indonesia, Ghifari Anandaffa Prihardika, turun di dua nomor pada turnamen bulu tangkis berlevel internasional, Pembangunan Jaya Raya Junior Grand Prix 2018, yang berlangsung di GOR PB Jaya Raya, Bintaro, Tangerang Selatan, 3-8 April.

Di nomor ganda putra, Ghifari berpasangan dengan Ferdian Mahardika Ranialdy. Pasangan ini pernah mencatat prestasi manis saat menjadi juara turnamen Pembangunan Jaya Raya Junior Grand Prix 2016 untuk kategori U-17. Mereka kini bermain di kategori U-19.

Ghifari/Ferdian akan memulai perjuangan mereka pada babak kedua, Rabu (4/4/2018). Mereka mendapatkan bye pada babak pertama yang digelar hari ini, Selasa (3/4/2018). Pada babak kedua, mereka akan menghadapi pemenang antara Sun Cheng-Yu/Yang Yang dari Taiwan dan Dong Ju Ki/Joon Young Kim dari Korea Selatan. Ghifari/Ferdian turun sebagai unggulan keempat di turnamen ini, atau yang paling tinggi dibandingkan wakil Indonesia lainnya.

Ghifari juga melangkah ke babak kedua nomor ganda campuran. Di nomor ini, pemain binaan PB Jaya Raya tersebut berpasangan dengan Lisa Ayu Kusumawati yang berasal dari PB Djarum. Mereka melangkah ke babak kedua setelah menundukkan Su Chen-Yu/Tung Ciou-Tong dari Taiwan dengan 21-11, 21-8.

"Kami bermain lebih siap dan kemampuan lawan memang masih di bawah kami. Makanya tadi kami bisa menang cepat. Kami juga selalu menjaga komunikasi selama pertandingan. Menghadapi pertandingan selanjutnya, kami tidak boleh lengah dan kendor. Kami harus lebih konsisten," kata Ghifari setelah pertandingan.

Di pelatnas, Ghifari dan Ayu tidak pernah berlatih bersama sebagai pasangan. Masing-masing berkonsentrasi ke nomor ganda putra dan ganda putri. "Sekarang baru dipasangkan dan langsung bertanding," kata Ayu.

Pada babak kedua, Ghifari/Ayu akan bertemu wakil Indonesia lainnya yaitu Yudiansyah/Christy Laurence Pungus.  Ghifari sudah pernah merasakan menjadi juara turnamen ini untuk nomor ganda campuran. Pada 2016, dia turun di kategori U-17 dan menjadi juara bersama Dhea Bunga Anjani.

Selain Ghifari/Ayu, Indonesia juga menaruh harapan di nomor ini kepada pasangan Leo Rolly Carnando/Metya Inayah Cindiani. Tahun lalu, mereka merupakan juara ganda campuran untuk kategori U-17. Tahun ini, mereka turun sebagai unggulan ke-8.

Leo/Metya melewati babak pertama dengan mengalahkan Hudzaifi Rabbani/Larassati Dewi Mulya dari Indonesia dengan 21-10, 21-12, Selasa (3/4/2018). Mereka akan kembali menghadapi sesama pasangan tuan rumah, Yoga Prasetyo/Rullyanda Regina Abela.

Pembangunan Jaya Raya Junior Grand Prix merupakan event tahunan yang digelar dengan memainkan tiga kategori umur yaitu U-15, U-17, dan U-19. Tahun ini, sebanyak 1.054 atlet dari 19 negara ikut ambil bagian. (*)