(Orleans Masters 2018) Tiga Wakil Melaju ke Semifinal

(Jakarta, 30/3/2018)

Sebanyak tiga wakil Merah-Putih lolos ke babak semifinal Orleans Masters 2018. Dalam turnamen yang berlangsung di Palais des Sports, Orleans, Perancis, pasangan ganda campuran Alfian Eko Prasetyo/Marsheilla Gischa Islami, Ruselli Hartawan dan pasangan ganda putra Akbar Bintang Cahyono/Moh Reza Pahlevi Isfahani berhasil mengatasi lawan-lawan mereka di perempat final. 

Tiket semifinal pertama direbut Eko/Gischa yang menundukkan unggulan keempat, Jacco Arends/Selena Piek (Belanda), dengan skor 10-21, 21-16, 21-15. Kekalahan di game pertama disebutkan Eko karena mereka masih mencari tahu pola permainan yang paling sesuai untuk menghentikan perlawanan Arends/Piek. 

“Di game pertama kami terlalu banyak bermain bertahan, masih sering terburu-buru, akhirnya kalah jauh. Pada saat game kedua, kami coba bermain lebih tenang lagi. Banyak no lob dan akhirnya bisa menang. Di game ketiga, kami terapkan permainan seperti game kedua dan lebih banyak menyerang,” tutur Eko kepada Badmintonindonesia.org.

“Kalau saya, tadi lebih lepas mainnya, tidak mau terbebani. Di game pertama kami memang masih meraba-raba mau main seperti apa. Di game kedua dan ketiga sudah tahu mau menerapkan apa,” tambah Gischa.

Eko/Gischa baru saja dipasangkan, mereka baru menjalani latihan selama satu bulan. Sebelumnya Eko berpasangan dengan Annisa Saufika, sementara Gischa dengan Yantoni Edy Saputra. 

“Kami masih sering terburu-buru dan soal servis juga sama-sama sering di-fault sama hakim servis,” ujar Eko mengevaluasi penampilannya dan Gischa. 

“Kalau sama Toni mungkin karena seumuran dan sudah lama partneran, jadi nggak sungkan. Kalau sama kak Eko yang lebih senior, ada rasa sungkan sedikit,” ucap Gischa ketika ditanya soal parter barunya. 

Di babak semifinal, Eko/Gischa akan berhadapan dengan wakil Jerman, Peter Kaesbauer/Olga Konon. Kedua pasangan tercatat belum pernah bertemu.

“Pokoknya coba nikmati permainan dulu, tidak banyak melakukan kesalahan sendiri dan lebih aktif menyerang,” ujar Eko soal laga semifinal. 

Sementara itu, Akbar/Reza melangkah ke semifinal dengan mengalahkan Frederik Colberg/Joachim Fischer Nielsen (Denmark), dengan skor 21-18, 10-21, 22-20. Sedangkan Ruselli menang atas Selvaduray Kisona (Malaysia), lewat laga rubber game, 21-10, 17-21, 21-17.

Sayangnya, tiga wakil juga terhenti di perempat final. Gregoria Mariska Tunjung tak dapat mengatasi perlawanan Shiori Saito (Jepang), dengan skor 14-21, 17-21. Pasangan ganda campuran Andika Ramadiansyah/Mychelle Crhystine Bandaso takluk dari unggulan keenam, Evgenij Dremin/Evgenia Dimova (Rusia), dengan skor 16-21, 17-21. Dari sektor ganda putra, Sabar Karyaman Gautama/Frengky Wijaya Putra dikalahkan unggulan kedelapan dari Denmark, Kasper Antonsen/Niclas Nohr, lewat laga sengit, 23-21, 18-21, 21-23. (*)