(All England 2018) Kevin/Marcus Menangi “Perang Saudara

(Birmingham, 14/3/2018)

Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil melewati babak pertama All England 2018 BWF World Tour Super 1000 dengan mengalahkan rekan sepelatnas, Angga Pratama/Rian Agung Saputro, dengan skor 21-16, 21-19. 

Meskipun menang dua game langsung, namun Kevin/Marcus yang merupakan juara bertahan ini merasa belum tampil maksimal. Aturan servis baru cukup mengganggu konsentrasi pemain, tak hanya Kevin/Marcus, tetapi juga Angga/Rian. Meskipun dalam pertandingan ini, hanya satu servis yang disalahkan oleh service judge, yaitu servis Rian di game kedua.

“Hari ini masih banyak penyesuaian, mainnya nggak terlalu nyambung karena mikirin servis. Kami merasa belum maksimal banget, besok harus lebih baik karena sudah coba hari ini,” ujar Marcus kepada tim media PBSI.

“Kami semua sama-sama nggak enak mainnya, dan di sini dingin sekali. Soal servis, banyak kepikiran servis, karena servis itu berpengaruh ke pukulan sambungnya. Biasanya ke arah mana, jadi berubah,” tambah Marcus. 

“Memang masih belum benar-benar ketemu ritme mainnya, masih cari tempo main yang enak,” jelas Kevin. 

Sementara itu, Angga/Rian juga mengakui kalau aturan servis ini mempengaruhi penampilan mereka. Namun mereka juga menyatakan jika Kevin/Marcus memang bermain lebih baik. 

“Pasti ada lah motivasi pengen menang dari Kevin/Marcus, semua pasti ingin mengalahkan mereka. Di game pertama kami masih banyak ragu soal servis, di game kedua kami lebih rileks. Kami sudah mengeluarkan kemampuan kami, memang mereka lebih baik. Mereka tidak gampang mati sendiri, kualitasnya juga bagus, terutama di kecepatan,” jelas Angga. 

Di babak kedua, Kevin/Marcus akan berhadapan dengan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Pasangan asal Malaysia ini lolos ke babak kedua dengan mengalahkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan skor 21-16, 16-21, 23-21. 

“Peluang tetap sama buat kami atau pasangan Malaysia, ya 50-50 lah. Kalau soal servis, hari ini servis saya tidak ada yang dinyatakan fault, harusnya besok kami lebih percaya diri,” kata Kevin. 

Sementara itu, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan melaju ke babak kedua usai menahan laju pasangan Belanda, Jacco Arends/Ruben Jille, dalam dua game langsung, 21-16, 21-11. 

Di ganda putri, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani juga lolos dengan menundukkan Chloe Birch/Jessica Pugh (Inggris), dengan skor 22-20, 21-14.  (*)