(All England 2018) Tak Dapat Keluar dari Tekanan, Greysia/Apriyani Ditundukkan Lawan

(Birmingham, 14/3/2018)

Hasil mengejutkan datang dari sektor ganda putri di laga pertama All England 2018 BWF World Tour Super 1000. Pasangan andalan Greysia Polii/Apriyani Rahayu dihadang wakil Bulgaria, Stefani Stoeva/Gabriela Stoeva, dengan skor 11-21, 19-21. 

Greysia/Apriyani memang tak tampil di permainan terbaik mereka, pertahanan rapat yang biasanya menjadi andalan mereka, kini dapat dibobol oleh kakak beradik Stoeva tersebut. Banyak pengembalian tanggung yang juga menjadi makanan empuk bagi lawan. 

“Sedih pasti, kecewa pasti, kami ciba netralisir dulu pikiran itu. Kami tengah mengejar ke atas, kami sekarang ada di tengah-tengah dan semua orang ingin mengalahkan kami. Pelatih kami bilang, semakin di atas, harusnya semakin tidak nyaman karena semua ingin mengalahkan kami,” ujar Greysia usai pertandingan.

“Ini yang kami ingin kalahkan, diri kami sendiri. Kita dengar saja komentar lawan, mereka nggak nyangka bisa menang mudah, mereka kira akan ramai. Ini sama seperti waktu kami mengejar, kami ingin enjoy saja main kok. Ya kami dulu juga begini,” tambahnya. 

“Saya dan Apri harus kerjasama lebih baik, sampai saat ini saya dan Apri masih kurang kerjasama dalam hal ini, bagaimana mengatasi tekanan dan di saat tidak nyaman di level atas. Saya cuma bilang ke Apri kalau waktu saya tidak banyak lagi, kamu mau sekarang atau tidak sama sekali,” katanya. 

Selain faktor non teknis, Greysia juga mengungkapkan kalau pertahanan lawan memang tak mudah ditembus, tenaga lawan pun kuat. Shuttlecock berat yang digunakan di turnamen ini dinilai Greysia memang cocok untuk pasangan Bulgaria tersebut. 

“Mereka kuat, safe, apalagi dengan bola kayak gini mereka seneng banget, kekuatan mereka keluar semua. Tapi kami juga latihan kayak gini, sama kok, jadi ini bukan alasan secara teknik, memang dari pikiran dan mental saja, kami tidak siap di situ,” jelasnya. 

Sementara itu, Apriyani mengakui dirinya belum dapat menemukan solusi dalam mengatasi tekanan di lapangan, apalagi di turnamen bergengsi sekelas All England, turnamen tertua di dunia yang kini menyandang predikat BWF World Tour Super 1000. 

“Dari persiapan, kalah di pikiran. Memang beda rasanya kalau posisi seperti ini. Saya belum bisa keluar dari tekanan, beda sama di awal-awal. Dari segi itu sih,” kata Apriyani kepada Badmintonindonesia.org

“Kami tidak menyangkan bisa mengalahkan Greysia/Apriyani, kami tahu mereka tengah bagus prestasinya. Kami sering melihat penampilan mereka di beberapa turnamen. Kelebihan mereka adalah pertahanan yang rapat, serangan pun bagus. Jadi tadi kami berusaha supaya shuttlecock masuk dulu, dan intinya kami menikmati pertandingan,” tutur Stefani

Mengomentari soal aturan servis, Greysia/Apriyani tak banyak mengalami kesulitan soal itu dalam pertandingan kali ini. 

Saat berita ini diturunkan, pasangan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris tengah bertanding melawan Chan Ye Na/Kim Hye Rin (Korea), kedudukan sementara 22-20, 18-21 dan 13-8 sementara Rizki/Della memimpin di game ketiga. (*)