(German Open 2018) Fajar/Rian Tembus Semifinal

(Mulheim an der Ruhr, 9/3/2018)

Setelah dua kekalahan wakil Indonesia di babak perempat final German Open 2018, pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi wakil pertama yang lolos ke semifinal. 

Fajar/Rian mengalahkan Kim Won Ho/Seo Seung Jae (Korea), dengan skor 21-1, 21-16. Fajar/Rian tak banyak menemukan kesulitan berarti dalam menghadapi Kim/Seo, keduanya telah bersiap, karena pasangan Korea ini mengalahkan unggulan pertama, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang), di babak kedua. 

“Saya kira tadinya kami akan bertemu Kamura/Sonoda, karena mereka lebih diunggulkan. Jadi kami awalnya pelajari permainan Kamura/Sonoda. Tetapi semalam sebelum tidur saya menonton pertandingan mereka lawan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf di Macau Open 2017. Jadi sudah ada gambaran,” kata Fajar. 

“Pasangan Korea ini terkenal defense nya rapat, tetapi mereka lebih sering mengandalkan defense, serangan baliknya kurang,” tambahnya. 

“Dari awal kami mainnya terus menyerang, lawan pun banyak mengarahkan shuttlecock ke atas, karena mereka memang maunya main bertahan. Mau nggak mau, kami serang terus, mereka nggak gampang dimatikan,” tutur Rian. 

Di babak semifinal, Fajar/Rian akan bertemu dengan senior mereka, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. 

“Ini kesempatan buat kami, kapan lagi tanding lawan Hendra/Ahsan, juara dunia. Di pelatnas pun jarang tanding lawan mereka, karena kalau latihan pasangannnya sering ditukar-tukar. Tentunya ingin menang, tapi kami tahu tidak akan mudah menang dari mereka,” ungkap Fajar. 

Hendra/Ahsan lolos ke semifinal dengan menundukkan unggulan keempat, Lee Jhe-Huei/Lee Yang (Taiwan), dengan skor 21-13, 22-20.  Dua wakil terhenti di perempat final, mereka adalah pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Jonatan Christie. (*)