(German Open 2018) Anthony Akui Keunggulan Shi Yuqi

(Mulheim an der Ruhr, 9/3/2018)

Sektor tunggal putra belum berhasil mengirim wakil ke babak semifinal German Open 2018. Setelah kekalahan Jonatan Christie, kini giliran Anthony Sinisuka Ginting yang dihadang Shi Yuqi (Tiongkok), dengan skor 17-21, 21-18, 18-21. 

Tampil mendominasi di game kedua, penampilan Anthony kembali menurun di game penentuan. 

“Permainan saya di game ketiga balik lagi seperti di game pertama. Saya banyak angkat bola, memang itu yang dia tunggu, kelebihannya dia di situ, bola-bola belakang,” ujar Anthony.

“Ini terjadi karena posisi saya sering terdesak, jadi pengembalian saya seperti itu, mengenakan buat lawan. Sebetulnya kalau adu dari bola depannya sih bisa, tapi saya terus buru-buru mau angkat bola, ya itu salahnya,” tambahnya. 

Anthony juga menilai penampilan Shi banyak kemajuan dibanding pertemuan pertama mereka di Kejuaraan Dunia Junior 2014 silam. 

“Dulu sama sekarang beda, dulu waktu junior paling mainnya asal kencang asal kuat, makin kesini makin berkualitas. Dia sudah stabil di Top 10 dunia juga,” tutur Anthony. 

Sebagai bahan evaluasi, Anthony menuturkan bahwa ia mesti bisa mengontrol ketenangan dirinya selama bertanding.  

“Coba buat lebih tenang, kalau terdesak setidaknya masih bisa placing. Kalau tadi kan terdesak, pengembaliannya asal balik saja, jadi bolanya ‘mentah’ lagi,” ungkap Anthony. 

Dengan hasil ini, maka sektor ganda putra menjadi satu-satunya sektor yang berhasil mengirim wakil ke semifinal dengan dua wakil yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Sayangnya, kedua pasangan ini harus ‘saling bunuh’ demi tiket final. (*)