(German Open 2018) Lawan Mundur Lagi, Anthony Merasa Diuntungkan

(Mulheim ad der Ruhr, 8/3/2017)

Dua hari berturut-turut, Anthony Sinisuka Ginting tak perlu menyelesaikan permainannya untuk meraih kemenangan. Kedua lawannya di babak pertama dan kedua German Open 2018 terpaksa mundur karena cedera. 

Di babak pertama, Kim Bruun asal Denmark, tak dapat melanjutkan pertandingan melawan Anthony kala memimpin 21-14 dan 2-1 di game kedua. Bruun mengalami cedera otot paha kanan, meskipun sudah mendapat bantuan dari dokter pertandingan, ia tetap tidak bisa terus bermain. 

Hal yang sama terjadi dengan Huan Yuxiang, pemain asal Tiongkok yang dihadapi Anthony di babak kedua hari ini. Huang mengalami cedera pinggang yang diduga didapatnya saat akhir game pertama, dimana ia terjatuh saat mengambil shuttlecock yang diarahkan Anthony di tempat yang sulit dijangkau. 

“Ada juga keuntungannya, cuma sebenarnya saya masih ingin main karena mau sekalian adaptasi untuk pertandingan besok,” kata Anthony saat ditemui di Innogy Sporthalle. 

“Penampilan saya hari ini sudah lebih baik dari kemarin, dari pergerakan kaki, stroke, semua cukup baik. Tetapi ya itu tadi, saya masih mau main,” tambahnya. 

Di babak perempat final, Anthony akan berhadapan dengan Shi Yuqi, pemain muda Tiongkok yang juga unggulan ketiga. 

“Terakhir ketemu Shi sudah lama sekali, di Kejuaraan Dunia Junior 2014. Tipe main dia kurang lebih sama dengan pemain Tiongkok lainnya, dia ulet dan karena sudah di Top 10, pasti kualitas permainan dia lebih bagus dibanding lawan saya hari ini. Saya harus siap semuanya, siap capek,” tutur Anthony. 

Sebelum Anthony, pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga melaju ke perempat final. Sayangnya pasangan ganda putri Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani dihentikan Jongkolphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand), dengan skor 6-21, 19-21. (*)