(Badminton Asia Team Championships 2018) Jonatan Sumbang Angka Pertama, Indonesia vs Korea 1-0

(Alor Setar, 10/2/2018)

Laga semifinal Badminton Asia Team Championships 2018 antara tim putra Indonesia melawan Korea sementara diungguli Indonesia dengan skor 1-0. Angka pertama disumbang Jonatan Christie yang berhasil menundukkan Son Wan Ho, dalam dua game langsung dengan skor 21-18, 21-14.

Jonatan yang dua pekan lalu ditaklukkan Son di kandang sendiri dalam kejuaraan Daihatsu Indonesia Masters 2018, kali ini membalas. Diakui Jonatan ia sempat gugup dan tak dapat mengontrol pikirannya saat itu.

“Lagi dan lagi, terima kasih Tuhan, saya diberi kemenangan lagi dan bisa menyumbang angka untuk tim Indonesia,” ucap Jonatan usai pertandingan.

“Sebetulnya tidak ada yang berbeda dari penampilan Son Wan Ho di Indonesia Masters, saya yang beda. Waktu itu saya tidak bisa kontrol pikiran saya, terlalu ingin menang dan jadi tuan rumah, ada rasa nervous juga,” tutur Jonatan.

Jonatan mengaku tampil lebih rileks apalagi tim putra Indonesia sudah memastikan tiket ke putaran final Piala Thomas 2018.

“Memang kami sudah lolos ke putaran final Piala Thomas, tapi kan kami juara bertahan di turnamen ini, kami ingin mempertahankannya. Pertandingan ini saya anggap pertandingan persahabatan, harus manfaatkan pertemuan dengan pemain-pemain yang beda tipe seperti Son Wan Ho, Kidambi Srikanth, Kenta Nishimoto,” jelasnya.

Jonatan juga optimis tim putra Indonesia mampu memberikan hasil terbaik meskipun tak diperkuat pasangan rangking satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, karena Marcus mengalami cedera otot perut dan harus kembali ke Jakarta.

“Saya rasa tim kami cukup kuat walaupun Kevin/Marcus tidak turun, masih ada koh Hendra (Setiawan), ada bang (Mohammad) Ahsan. Pemain-pemain ganda kita bagus-bagus banget, justru tunggal yang masih kurang. Beban tim ganda lebih berat, harus sumbang dua angka, kami dari tim tunggal juga ingin sumbang minimal banget satu angka, kalau bisa dua,” pungkas Jonatan.

Saat ini pasangan Mohammad Ahsan/Angga Pratama tengah bertanding melawan Chung Eui Seok/Seo Seung Jae. Sementara Ahsan/Angga unggul 21-8 di game pertama. (*)