(Blibli.com Superliga Junior 2017) Ajang Mengasah Mental Pemain Junior di Sektor Beregu

(Magelang, 4/12/2017)

Tahun 2017 hanya menyisakan empat pekan terakhir, namun agenda bulutangkis tanah air masih terus bergulir. Setelah pekan lalu Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2017 digelar di Pangkalpinang, Bangka Belitung, maka pekan ini, GOR Djarum Magelang akan menjadi saksi bagaimana atlet muda bersaing di nomor beregu dalam Blibli.com Superliga Junior 2017.

Turnamen yang akan digelar pada 5 hingga 10 Desember ini tak hanya diikuti oleh klub-klub papan atas tanah air. Untuk kelompok umur U19, atlet muda dari Malaysia, Jepang dan Korea pun akan turun menguji kemampuan mereka. Selain U19, untuk pertama kalinya, turnamen dengan format Piala Thomas dan Piala Uber ini akan mempertandingkan kelompok umur U17.

“Bulutangkis memiliki event beregu seperti Piala Sudirman, Piala Thomas, Piala Uber dan nomor beregu di turnamen multi event seperti SEA Games. Maka dengan adanya Blibli.com Superliga Junior ini diharapkan bisa memberi bekal kepada atlet-atlet muda untuk terbiasa bermain di nomor beregu, karena merekalah nanti yang akan menjadi andalan kita di turnamen-turnamen tersebut di masa yang akan datang,” ujar Direktur Superliga, Achmad Budiharto.

Sementara Ketua Umum PP PBSI, Wiranto menyambut baik turnamen Superliga Junior yang kedua ini. Ditambah tahun ini, persaingan tak hanya datang dari pemain-pemain muda tanah air tapi juga dari negara-negara lain. “Turnamen ini menjadi salah satu langkah yang sangat baik untuk menyiapkan atlet-atlet masa depan Indonesia. Dalam mencari seorang juara, kita tidak bisa instant, tetapi mereka harus melalui proses yang panjang. Para legenda bulutangkis yang ada pun sudah berlatih sejak mereka di usia dini. Semoga di turnamen nanti, atlet-atlet muda bisa mendapat pengalaman bertanding yang akan menjadi bekal di masa depan, menjadi atlet yang memiliki daya juang tinggi dan kemampuan mumpuni,” ujar Wiranto.

Djarum Kudus menjadi unggulan teratas di nomor beregu putra U19, diikuti oleh Jaya Raya Jakarta, Exist Jakarta, SGS PLN Bandung, Korea, Mutiara Cardinal, Malaysia dan Jepang. Sementara di beregu putri Jaya Raya menempati unggulan pertama, disusul oleh Djarum Kudus, Mutiara Cardinal, Korea, Exist Jakarta, SGS PLN Bandung, Malaysia dan Jepang.

Sementara untuk kategori U-17 putra, Exist Jakarta yang menjadi unggulan teratas. Disusul oleh Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Mutaira Cardinal, FIFA Badmitnon Club, CWIBC dan SGS PLN Bandung. Sedangkan di kategori putri U17 Djarum Kudus berada diposisi teratas unggulan. Disusul oleh Exist Jakarta, Jaya Raya Jakarta, Mutiara Cardinal, FIFA Badminton Club, SGS PLN Bandung, CWIBC dan Sarwendah.

Persaingan di arena akan semakin memanas dengan hadirnya atlet muda andalan masing-masing klub. Misalnya saja Gregoria Mariska Tunjung yang akan menjadi ujung tombak Mutiara Cardinal, juga ada Pitha Haningtyas Mentari yang akan memperkuat Jaya Raya. Pitha yang berhasil meraih gelar juara di Kejuaraan Dunia Junior 2017 ini akan menjadi motor bersama dengan Asty Dwi Widyaningrum dan Sri Fatmawati untuk berusaha mempertahankan gelar yang diraih Jaya Raya tahun lalu. Sementara di sektor putra, Djarum Kudus patut diwaspadai, berkekuatan atlet-atlet seperti Alberto Alvin Yulianto, Ikhsan Leonardo Rumbay dan Rinov Rivaldy akan menjadi senjata utama bagi klub yang bermarkas di Kudus ini untuk meraih poin.

Blibli.com Superliga Junior 2017 menjanjikan total hadiah sebesar Rp 610 juta. Di kategori U-19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti, masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp 100 juta, Juara II Rp 50 juta, dan Juara III bersama Rp 25 juta. Sedangkan di U-17 yang memperebutkan Piala Superliga Junior akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp 50 juta, Juara II Rp 25 juta, dan Juara III bersama Rp 15 juta untuk masing-masing kategori.

Kejuaraan Blibli.com Superliga Junior ini merupakan komitmen Blibli.com untuk memajukan prestasi bulutangkis Indonesia. Setelah sukses dalam pelaksanaan Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017, maka untuk kedua kalinya Blibli.com menjadi sponsor utama ajang Superliga Junior.

I Gusti Ayu Fadjar selaku Senior Vice President of Marketing Blibli.com mengatakan Blibli.com selalu bersemangat mengambil bagian dalam kegiatan positif yang melibatkan generasi muda, salah satunya melalui event olahraga bulutangkis seperti Blibli.com Superliga Junior 2017. “Bulutangkis seakan tak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Prestasi demi prestasi dunia terus mengalir dari bulutangkis, maka melalui Blibli.com Superliga Junior 2017, kami optimis para pebulutangkis muda Indonesia dapat semakin mengasah kemampuan mereka dan akan menjadi penerus tongkat estafet prestasi bulutangkis Indonesia,” ujar Ayu Fadjar.

Lebih lanjut Ayu Fadjar mengatakan para peserta pertandingan diharapkan dapat memanfaatkan event ini bukan hanya sekadar menunjukkan siapa yang terbaik, tapi juga sebagai ajang mempererat persahabatan antar klub dan juga negara.

Bagi para pecinta Bulutangkis yang tidak dapat menyaksikan secara langsung pertandingan Blibli.com Superliga 2017 ini dapat menyaksikan pertandingannya melalui live streaming di website www.djarumbadminton.com. (*)