Blibli.com Superliga Junior 2017 Siap Perebutkan Piala Liem Swi King Dan Piala Susy Susanti

(Jakarta, 21/11/2017)

Pertandingan beregu level junior, Blibli.com Superliga Junior kembali bergulir untuk yang kedua kalinya. Setelah meraih sukses di Magelang, Jawa Tengah tahun lalu, kini turnamen tersebut akan kembali dihelat.

Blibli.com Superliga Junior 2017 akan digelar di GOR Djarum Magelang pada 5-10 Desember mendatang. Menggunakan format Piala Thomas dan Piala Uber, turnamen ini akan mempertandingkan kelompok usia U17 dan U19, dengan lima partai, yaitu 3 tunggal dan 2 ganda.

Untuk kategori U19, tim beregu putra akan memperebutkan Piala Liem Swie King, sedangkan beregu putri memperebutkan Piala Susy Susanti. Nama kedua legend ini dipilih karena mereka merupakan pemain andalan pada event-event beregu Piala Thomas dan Piala Uber pada masa lalu. Sedangkan untuk kategori U17 akan memperebutkan piala tetap.

“Pengalaman bertanding dalam format beregu sangat penting bagi para pemain muda. Diharapkan dengan Blibli.com Superliga Junior 2017 ini para pemain muda kita semakin terbiasa berkompetisi di nomor beregu. Ini akan menjadi modal mereka untuk mengikuti kejuaraan beregu di level yang lebih tinggi lagi nantinya,” ujar Direktur Superliga, Achmad Budiharto dalam jumpa pers yang digelar di Ayana Ballroom, Mid Plaza Hotel, Jakarta, Selasa (21/11).

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Blibli.com Superliga Junior 2017 dari tahun sebelumnya. Jika di 2016, untuk kategori U19 hanya diikuti oleh klub-klub tanah air, maka untuk tahun ini persaingan pun akan lebih sengit, karena mendatangkan peserta dari klub-klub asing seperti Jepang, Korea dan Malaysia.

Terdapat lima klub nasional yang akan bertanding yaitu Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, Exist Jakarta, Jaya Raya Jakarta dan SGS PLN Bandung.

Selain itu, hal berbeda lainnya ialah untuk yang pertama kalinya turnamen ini juga akan memainkan kategori U17. Sebanyak delapan klub asal Indonesia dipastikan akan turun beradu kekuatan di lapangan, yaitu Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, Exist Jakarta, Jaya Raya Jakarta, SGS PLN Bandung, Fifa Badminton Club, Sarwendah Jakarta dan Candra Wijaya Tangerang. Para pemain yang akan bertanding harus merupakan atlet binaan klubnya masing-masing.

Dengan adanya Blibli.com Superliga Junior, diharapkan para atlet junior ini sudah terbiasa untuk bertanding di nomor beregu dan menjadi pengalaman serta modal bagi mereka untuk bertanding di event-event beregu dalam level yang lebih tinggi.

Blibli.com Superliga Junior 2017 menjanjikan total hadiah sebesar Rp 265 juta. Di kategori U19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti, masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp 100 juta, Juara II Rp 50 juta, dan Juara III bersama Rp 25 juta. Sedangkan di U17 yang memperebutkan Piala Superliga Junior akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp 50 juta, Juara II Rp 25 juta, dan Juara III bersama Rp 15 juta untuk masing-masing kategori.

Sedikit mereview kembali hasil pertandingan di tahun 2016, nomor beregu putra berhasil dimenangkan oleh Exist Jakarta atas Djarum Kudus. Sementara di nomor beregu putri, dimenangkan oleh Jaya Raya Jakarta usai mengalahkan Mutiara Cardinal Bandung.

Berikut daftar peringkat juara Blibli.com Li Ning Superliga Junior 2016:

Beregu Putra:

1.          Exist Jakarta Putra

2.          Djarum Kudus Putra

¾.        Jaya Raya Jakarta Putra

¾.        Mutiara Cardinal Bandung Putra

Beregu Putri:

1.         Jaya Raya Jakarta Putri

2.         Mutiara Cardinal Bandung Putri

¾.        Wil. DKI Jakarta Putri

¾.        Wil. Jawa Tengah-DI Yogyakarta Putri (*)