(China Open 2017) Li/Liu Puji Penampilan Kevin/Marcus

(Fuzhou, 18/11/2017)

Untuk ketiga kalinya, pasangan Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen harus menelan kekalahan dari Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Mereka kalah dua game langsung, 14-21 dan 18-21, di babak semifinal China Open Super Series Premier 2017, Sabtu (18/11).

Dalam rekor pertemuannya, Li/Liu  tertinggal 1-2 dari Kevin/Marcus. Mereka hanya bisa menang di pertemuan pertama, pada Vietnam Open 2015. Li/Liu menang rubber game 15-21, 23-21 dan 21-18. Kalah tiga kali berturut-turut dari Kevin/Marcus, Li/Liu pun mengakui keunggulan pasangan Indonesia tersebut.

“Kevin/Marcus adalah musuh bebuyutan kami, nggak nyangka hasilnya seperti ini. Kevin/Marcus sangat baik di tiga pukulan pertama setelah servis. Kami sudah bertemu beberapa kali, selalu berlangsung ramai, tidak pernah mudah menghadapi mereka. Kami merasa cukup baik dalam pertahanan dan serangan, tetapi tiga pukulan pertama setelah servis tadi menjadi kunci utama mengapa pola permainan kami tidak bisa berjalan, seolah dikunci oleh mereka,” kata Liu ditemui di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, Tiongkok.

“Kami merasa tidak nyaman dengan situasi seperti ini. Mereka sangat cepat, kami tidak bisa menemukan irama permainan kami. Kami merasa punya kesempatan di akhir game kedua, seperti kami menemukan pola kami kembali, tetapi terlambat dan kami membuat banyak kesalahan sendiri. Kami harus bermain lebih cepat kalau ketemu lagi dengan mereka lagi,” tambah Liu lagi.

“Mereka bagus dipenerimaan servis, lihat pertemuan sebelumnya, kami selalu belajar dari servis dan penerimaan servis. Kami belajar dari pertandingan hari ini, kami jadi punya banyak pengalaman bertemu mereka, dan berharap bisa beradaptasi dengan gaya bermain mereka,” ujar Li.

Hasil lengkap pertandingan babak semifinal China Open Super Series Premier 2017 bisa diakses di sini. Serunya pertandingan di empat besar ini juga bisa disaksikan secara langsung di Kompas TV mulai pukul 12.00 WIB. (*)