(Bitburger Badminton Open 2017) Fajar/Rian Sukses Melaju Ke Final

(Jakarta, 4/11/2017) 

Indonesia sukses mengirimkan satu wakilnya ke babak final Bitburger Badminton Open 2017 melalui pasangan ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Sabtu (4/11). Fajar/Rian memastikan hal tersebut usai mengentikan pasangan Denmark, Mathias Christiansen/David Daugaard.

Dalam waktu 63 menit, Fajar/Rian membukukan kemenangan dengan skor 15-21, 21-16 dan 22-20.

“Alhamdulillah bisa masuk final, semoga bisa juara. Lawan main hari ini sangat bagus. Powernya kuat,” ujar Fajar mengenai laganya yang berlangsung di Saarlandhalle Saarbrucken, Jerman tersebut.

Game pertama dimulai, Fajar/Rian mengaku kalah start dari Christiansen/Daugaard. Mereka terus tertinggal dari awal dengan 0-4 hingga game pertama berakhir dengan 15-21.

“Kami tadi kalah start, karena mereka langsung servis tinggi. Terus beberapa kali kami belum antisipasi, jadi mereka langsung in,” kata Rian kepada badmintonindonesia.org.

Masuk ke game dua, Fajar/Rian mencoba membalas kekalahannya tersebut. Mereka terus melaju dan terus membuat jarak dari lawan dengan 6-4, 16-9 hingga menang 21-16.

“Di game pertama kami kalah start, mainnya selalu panik. Di game kedua kami lebih enjoy. Kami nggak mikirin kekalahan di game pertama. Kuncinya sih yakin saja,” ungkap Fajar.

“Kami lebih mengantisipasi servis tingginya. Sama kami berani adu depannya. Bola atas juga nggak langsung kami full serang, lebih divariasikan,” sambung Rian.

Pada game penentu, Fajar/Rian akhirnya berhasil mendominasi jalannya pertandingan. Meski tak jarang Christiansen/Daugaard mencoba mendekat dan menyamakan kedudukan. Setelah unggul 17-12, Fajar/Rian bahkan sempat tersusul menjadi 19-19 dan 20-20. Beruntung pada dua poin terakhir, mereka bisa merebutnya dari lawan.

“Kami terlalu terburu-buru ingin cepat selesai. Makanya malah jadi boomerang sendiri buat kami,” kata Fajar.

Di babak final, Fajar/Rian masih menunggu lawan antara unggulan dua asal Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dengan pasangan Thailand unggulan tiga, Bodin Isara/Nipitphon Phuangphuapet.

“Main di sini sudah harus siap capek karena bolanya berat. Sama jaga fokusnya saja. Tinggal selangkah lagi harus bisa dimaksimalkan,” tutur Rian.

“Besok jaga stamina sama fokusnya saja,” kata Fajar singkat.

Sayang kemenangan Fajar/Rian tak berhasil diperoleh pasangan ganda campuran, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja. Hafiz/Gloria harus puas terhenti sebagai semifinalis usai kalah dari He Jiting/Du Yue, Tiongkok. Hafiz/Gloria kalah dua game langsung dengan skor 18-21 dan 15-21. (*)