(Denmark Super Series Premier 2017) Kevin/Marcus Jadi Runner Up di Denmark

(Odense, 2/10/2017)

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tak tampil dalam performa terbaik mereka di laga final Denmark Open Super Series Premier 2017. Dalam pertarungan melawan pasangan juara dunia 2017, Zhang Nan/Liu Cheng, Kevin/Marcus takluk dengan skor 16-21, 24-22, 19-21.

Kevin/Marcus kecolongan start dengan banyak membuat kesalahan sendiri dan tidak bermain di ritme permainan mereka yang biasanya cepat. Di game kedua, Kevin/Marcus yang sudah memimpin 19-16, namun Zhang/Liu kembali menekan dengan balik unggul 20-19. Kevin/Marcus bisa meredam Zhang/Liu dan memperpanjang nafas.

Di game ketiga, Kevin/Marcus sudah memimpin 11-8 dan memegang irama permainan. Sayangnya, Zhang/Liu justru mengambil alih permainan dan akhirnya membuat Kevin/Marcus bermain dibawah tekanan.

Salah satu hal yang menyebabkan pasangan rangking satu dunia ini tampil tak maksimal adalah cedera lengan kanan yang dialami Marcus, hal ini dirasakannya saat menjalani laga semifinal melawan rekan senegara, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi.

“Kami merasa tidak bermain bagus, terutama saya, karena saya mengalami cedera pada lengan saya. Jadi saya tidak punya power untuk melakukan smash,” ungkap Marcus.

“Ini memecah konsentrasi saya antara memikirkan cedera dan permainan. Waktu melawan Angga/Ricky, saya dengar bunyi dari lengan saya, makanya smash nggak mati-mati, push nya pun beda. Sudah coba diterapi dan minum obat, tetapi masih ada rasa ngilu dan nyeri,” tambahnya.

“Di game ketiga setelah interval, kami kehilangan poin terlalu banyak. Sehingga kami malah balik tertekan, mereka jadi lebih percaya diri. Mungkin karena kemarin-kemarin mereka bisa bermain bagus. Penampilan mereka cukup beda dari pertemuan sebelumnya,” jelas Kevin.

Kondisi ini bisa saja menyebabkan pasangan ganda putra andalan Indonesia ini mundur dari French Open Super Series 2017 yang akan dilangsungkan pekan depan. Namun hal ini belum bisa dipastikan.

“Bisa saja mundur, supaya menghindari cederanya tambah parah. Namun masih kami diskusikan dan lihat lagi perkembangannya seperti apa,” kata Aryono Miranat, Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI yang mendampingi Kevin/Marcus.

Berikut hasil final Denmark Open Super Series Premier 2017:

Ganda Putri

Lee So Hee/Shin Seung Chan (KOR) vs Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto (6/JPN) 21-13, 21-16

Ganda Campuran

Tan Chun Man/Tse Ying Suet (6/HKG) vs Zheng Siwei/Chen Qingchen (1/CHN) 24-22, 19-21, 23-21

Tunggal Putri

Ratchanok Intanon (THA) vs Akane Yamaguchi (4/JPN) 14-21, 21-15, 21-19

Ganda Putra

Zhang Nan/Liu Cheng (5/CHN) vs Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (2/INA) 21-16, 22-24, 21-19

Tunggal Putra

Kidambi Srikanth (8/IND) vs Lee Hyun Il (KOR) 21-10, 21-5