(Japan Open Super Series 2017) Tak Terbendung, Jordan/Debby Pijak Semifinal

(Tokyo, 22/9/2017) 

Langkah Praveen Jordan/Debby Susanto masih belum terbendung di Japan Open Super Series 2017. Mereka berhasil memastikan posisi ke babak semifinal setelah mengalahkan Wang Chi Lin/Lee Chia Hsin dari Taiwan. Jordan/Debby menang rubber game dengan 18-21, 21-18, 21-16 dalam 58 menit.

Ini merupakan pertemuan kedua Jordan/Debby dengan Wang/Lee di lapangan. Pertemuan pertama mereka terjadi di Swiss Open 2017. Jordan/Debby kala itu menang dengan 21-11,17-21 dan 21-17.

Game pertama dimainkan, Jordan/Debby harus tertinggal 2-7 lebih dulu dari lawan. Namun mereka kemudian berusaha melaju dan balik memimpin dengan 18-14. Sayangnya secara tak terduga, langkah pasangan Indonesia ini justru terkunci lawan dan langsung tertinggal tujuh angka secara beruntun. Jordan/Debby kalah 18-21.

“Game pertama kami sudah unggul tapi kami agak lengah dan kebawa permainan mereka,” kata Jordan kepada badmintonindonesia.org.

Setelah kekalahannya di game pertama, Jordan/Debby masih tampak berada di bawah tekanan lawan pada awal game kedua. Mereka tertinggal 10-11 saat jeda interval. Setelah beradu ketat dan Jordan/Debby kemudian menyamakan kedudukan menjadi 18-18. Posisi ini menjadi kunci bagi Jordan/Debby hingga akhirnya menang 21-18.

“Instruksi dari Cik Vita (Marissa) memang gimana caranya kami main no lob, jangan terlalu banyak defend. Karena pemain cowoknya serangannya kan bagus,” ujar Debby.

Game ketiga berjalan dengan lebih baik. Pasangan besutan klub Djarum Kudus ini berhasil terus unggul meski beberapa kali, lawan sempat memperkecil ketertinggalan mereka. Skor 21-16 menjadi penanda kemenangan Jordan/Debby menuju semifinal.

“Lawan hari ini termasuk yang cepat klop satu sama lain di lapangan. Yang satu (Wang Chi Lin) main double, yang satu (Lee Chia Hsin) malah main single. Bisa dibilang mereka cukup solid di lapangan,” ujar Jordan mengomentari penampilan lawan.

Di semifinal mereka sudah ditunggu pemain Tiongkok, Wang Yilyu/Huang Dongping. Keduanya baru saja berhadapan di babak final Korea Open Super Series 2017 pekan lalu. Jordan/Debby menjadi kampiun setelah mengalahkan Wang/Huang, 21-17 dan 21-18.

“Yang pasti kami harus siap ekstra kerja keras. Karena tenaga hari ini terkuras cukup banyak. Tapi tadi lawan juga mereka main tiga game dan menguras tenaga juga. Jadi gimana caranya kami harus menjaga fokus, konsetrasi. Walaupun sudah capek tapi tetap enjoy. Persiapannya lebih ke non teknis,” jelas Debby.

“Untuk menghadapi besok, kami konsentrasi untuk mengembalikan kondisi kami seenak mungkin. Karena saat ini posisinya sudah cukup capek,” tutup Jordan.

Hasil lengkap pertandingan bisa diakses di sini. (*)