(World Championships 2017) Sensasi Ahsan/Rian Berlanjut, Dua Tiket Final di Tangan

(Jakarta, 26/8/2017)

Dua wakil Indonesia berhasil melaju ke babak final BWF World Championships 2017. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir siap untuk berjuang merebut titel juara dunia yang kedua.

Sedangkan di ganda putra, sensasi pasangan baru, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro masih terus berlanjut. Tak dijagokan, pasangan ini membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan pertama, Li Junhui/Liu Yuchen (Tiongkok), dan melibas deretan unggulan lainnya menuju laga puncak.

Tiket final diraih Ahsan/Rian usai membungkam unggulan keempat dari Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, 21-12, 21-15. Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan di pertemuan sebelumnya.

“Kami bersyukur kepada Allah SWT bisa melaju sejauh ini, senang dan bangga bisa ke final, ini tidak mudah. Kami memulai dari bawah, berkat kerja keras kami, pelatih dan tim, kami bisa,” ujar Ahsan usai pertandingan.

“Kami berusaha main di pola kami, tidak mau terbawa permainan cepat dan keras yang disukai pasangan Jepang ini,” kata Rian.

“Kami juga memberi pressure kepada Kamura/Sonoda sehingga mereka tidak dapat mengembangkan permainan mereka,” tambah Ahsan.

Ini adalah final ketiga Ahsan di ajang kejuaraan dunia, dimana dua diantaranya telah ditaklukkannya bersama Hendra Setiawan di Guangzhou tahun 2013 dan di Jakarta tahun 2015. Kali ini dipasangkan dengan pemain yang lebih muda darinya, Ahsan membawa Rian ke final dan perjuangan mereka tinggal selangkah lagi.

Namun dalam duet kali ini, Ahsan bertukar peran menjadi play maker dan lebih banyak mengontrol permainan di depan net. Sementara Rian sebagai finisher atau tukang gebuk di belakang.

“Awalnya kami sama-sama pemain belakang, tetapi sekarang saya kan yang lebih tua, jadi lebih mengontrol di depan. Rian lebih muda dari saya, jadi dia yang lebih banyak mengeluarkan tenaga,” ungkap Ahsan.

Dua wakil di kejuaraan dunia mengingatkan kita akan raihan di Guangzhou, Tiongkok, pada 2013 lalu. Kala itu, dua gelar juara dunia sekaligus dibawa pulang oleh Tontowi/Liliyana dan Hendra/Ahsan. Masih terbayang di ingatan bagaimana mereka mempersembahkan kado manis bagi Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan sepekan setelahnya.

Hingga berita ini diturunkan, Tontowi/Liliyana dan Ahsan/Rian masih menunggu siapa calon lawan di babak final.

Perjuangan Tontowi/Liliyana dan Ahsan/Rian akan disiarkan langsung oleh Kompas TV pada hari Minggu (27/8), pukul 18.30 WIB. (*)