(SEA Games 2017) Angka Kedua dari Fajar/Rian, Indonesia vs Malaysia 2-0

(Kuala Lumpur, 24/8/2017)

Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menambah keunggulan tim Indonesia atas Malaysia dalam laga final SEA Games 2017. Indonesia kian unggul dengan skor 2-0. Fajar/Rian memenangkan laga melawan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, dengan skor 21-12, 16-21, 21-14.

Fajar/Rian membayar lunas kekalahan mereka di pertandingan semifinal kemarin saat Indonesia melawan Thailand. Kali ini Fajar/Rian tak mau mengulangi kesalahan yang sama.

Menang meyakinkan di game pertama, Fajar/Rian sempat kehilangan konsentrasi di game kedua. Memimpin perolehan angka 9-6 di game kedua, penampilan Fajar/Rian terus menurun, hal ini dimanfaatkan oleh Ong/Teo. Pasangan Malaysia ini semakin percaya diri dan merebut game kedua. Serangan-serangan tajam dari Ong/Teo seringkali gagal dikembalikan dengan baik. Fajar/Rian pun tercatat banyak melakukan kesalahan yang tidak perlu.

Namun Fajar/Rian bangkit di game ketiga. Tampil agresif dengan permainan cantik di bibir net, Fajar/Rian kembali mengontrol permainan. Rian mengumpulkan poin sebanyak mungkin sebelum interval game ketiga. Saat perpindahan lapangan, Fajar/Rian bermain lebih percaya diri dibanding game kedua, mereka unggul hingga 18-12 dan akhirnya memenangkan pertandingan.

“Kemarin pertandingan pertama, mainnya belum enak, nggak seperti sekarang. Pokoknya kami ingin menyumbang poin karena kemarin di semifinal kami gagal menyumbang poin, ini menjadi motivasi tersendiri buat kami,” kata Fajar.

“Di game kedua kami kehilangan konsentrasi. Waktu sudah poin mepet-mepet tahu-tahu hilang fokusnya. Ini yang harus kami evaluasi, harus lebih fokus lagi,” tambah Rian.

“Dari permainan, kami unggul di serangan, pemain Malaysia kebanyakan tipenya bertahan juga, jadi mau nggak mau kami hajar terus, sekuat apapun defense mereka, ya hajar terus. Tetapi jangan loose control juga, harus sabar. Emosinya jangan berlebih,”

Di partai ketiga, Ihsan Maulana Mustofa akan bertemu dengan Lee Zii Jia.

Hasil sementara babak final beregu putra SEA Games 2017 dapat dilihat di sini. (*)