(Australia Open Super Series 2017) Anthony Dihadang Peraih Emas Olimpiade

(Sydney, 22/6/2017)

Anthony Sinisuka Ginting tak dapat mengulang sukses Australia Open tahun lalu, dimana kala itu ia menudukkan Chen Long (Tiongkok), dengan skor 21-14, 21-17. Kali ini di turnamen yang sama, Anthony balik dikalahkan Chen dengan skor 10-21, 13-21.

Dengan hasil ini, maka Anthony tak berhasil mengamankan tiket perempat final Australia Open Super Series 2017. Rekor pertemuan kedua pemain kini imbang 1-1.

Anthony mengatakan bahwa Chen bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan. Ia telah mencoba berbagai cara untuk kembali menundukkan Chen, namun peraih medali emas Olimpiad Rio de Janeiro 2016 tersebut bermain sangat rapi dan pertahanannya sulit ditembus.

“Saya sudah mencoba untuk unggul di permainan net, supaya saat dia salah mengarahkan shuttlecock, saya punya kesempatan untuk mematikan lawan. Tetapi dia bermain begitu tenang, tidak mudah dimatikan, akhirnya malah saya yang kurang sabar dan membuat kesalahan sendiri,” kata Anthony.

“Kalau soal kecepatan, Chen tidak bermain cepat. Tempo permainannya dia memang seperti itu, defense balik serang. Dia mengikuti permainan lawannya dulu, kalau lawan salah mengarahkan shuttlecock, baru dia serang. Saya sering terbawa irama permainannya, sudah coba mempercepat, malah terbawa lagi,” tambah Anthony, peraih medali perunggu Youth Olympic 2014.

Pemain jebolan klub SGS PLN Bandung ini pun menyesali penampilannya dimana ia banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri yang membuat poin Chen terus bertambah.

“Nyeselnya memang di situ, di mati-mati sendiri. Kalau saya sabar meladeni dia, ngadu segala-galanya, ya belum tentu juga bisa menang sih, tetapi setidaknya pertandingan akan berlangsung ramai,” tambahnya.

Ketika disinggung soal menghadapi peraih medali emas olimpiade, Anthony mengaku tak ada beban. Justru penampilan Chen yang ‘tak ada matinya’ ini lah yang benar-benar menguji kesabaran Anthony.

Saat berita ini diturunkan, pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto baru saja melaju ke babak perempat final usai mengalahkan Yong Kai Terry Hee/Tan Wei Han (Singapura), dengan skor 21-6, 21-12.

Masih ada satu wakil lagi yang akan bertanding, Jonatan Christie akan berhadapan dengan Lin Dan (Tiongkok). (*)