(BCA Indonesia Open 2017) Selangkah Lagi, Panji dan Bayu ke Babak Utama

(Jakarta, 12/6/2017)

Panji Ahmad Maulana hanya butuh satu kemenangan lagi untuk menjejakkan kaki di babak utama turnamen level premier pertamanya, BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 (BIOSSP). Pemain utama pelatnas ini berhasil meraih kemenangan di laga perdana atas Suppanyu Avihingsanon (Thailand), dengan skor 21-17, 21-17.

Salah satu kunci kemenangannya hari ini adalah mempelajari kekalahannya atas lawan waktu ajang Smiling Fish International Challenge 2016. Kala itu Panji kalah rubber game dengan skor 16-21, 21-6, 18-21.

“Saya sudah lebih tahu permainan lawan seperti apa, kali ini saya tampil lebih sabar, berbeda di pertemuan sebelumnya dimana saya banyak melakukan kesalahan sendiri,” jelas Panji yang ditemui di JCC Plenary Hall Senayan.

“Selain itu saya juga termotivasi untuk menaikkan peringkat dunia saya dan memanfaatkan kesempatan bertanding di turnamen besar seperti ini. BIOSSP 2017 adalah turnamen level premier pertama buat saya,” ujar Panji.

Meskipun menang dua game langsung di laga pertama kualifikasi, namun Panji tetap waspada akan lawan di laga terakhir kualifikasi yang akan dilakoninya malam ini. Panji akan bertemu dengan Emil Holst dari Denmark, pertemuan ini adalah yang pertama kalinya bagi kedua pemain.

“Setahu saya dia (Holst) adalah pemain menyerang, saya harus lebih siap lagi. Masih banyak yang harus ditingkatkan dari penampilan saya, diantaranya saya harus lebih fokus dan jangan membuat kesalahan-kesalahan sendiri,” beber pemain asal klub Mutiara Cardinal Bandung.

Muhammad Bayu Pangisthu pun mengekor langkah Panji ke babak final kualifikasi. Bayu yang awalnya sempat tegang dan tak bisa mengeluarkan permainannya, akhirnya bisa menang melawan Shesar Hiren Rhustavito dari PB Djarum dengan skor 15-21, 21-9, 21-18.

“Saya tidak puas dengan penampilan pertama saya tadi, saya merasa main kurang bagus, terutama di game pertama. Memang ada rasa tegang juga menghadapi senior saya di PB Djarum. Di game kedua saya sudah mulai menemukan permainan saya, tetapi sempat blank di game ketiga,” kata Bayu.

Bayu akan kembali berjumpa dengan Chong Wei Feng di babak final kualifikasi. Ini adalah pertemuannya yang kedua dengan pemain asal Malaysia tersebut. Pada pertemuan pertama di Thailand Open Grand Prix Gold, Bayu dikalahkan Chong dengan skor 21-9, 17-21, 11-21. 

“Di pertemuan sebelumnya, saya masih kurang berani mengeluarkan variasi pukulan dan masih takut-takut capek, jadi kurang maksa. Sekarang saya mau revans, mudah-mudahan bisa menang dan ke babak utama,” tuturnya.

Saat berita ini diturunkan, tengah dimainkan babak kualifikasi tunggal putri. Hasil sementara babak pertama kualifikasi BIOSSP 2017 dapat dilihat di sini. (*)