Ini Dia Nama-Nama Atlet Yang Lolos Seleksi Asia Junior Championships 2017

(Jakarta, 28 April 2017) 

Setelah melewati rangkaian seleksi tim inti Asia Junior Championships 2017, PBSI akhirnya memutuskan nama-nama atlet yang lolos. Seleksi diadakan untuk memenuhi kuota pada sektor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putra. Sementara sektor ganda putri dan ganda campuran tidak diadakan penjaringan karena dinilai sudah memenuhi kuota.

Seleksi diadakan selama tiga hari pada 26-28 April 2017 di Pelatnas PBSI Cipayung. Sebanyak enam belas atlet diadu kebolehannya di lapangan pertandingan, delapan diantaranya dinyatakan lolos. Pemain yang lolos nantinya akan mengikuti latihan di Pelatnas selama tiga setengah bulan.

“Ini kan salah satu target PBSI untuk pemain muda, untuk masa depan. Harapan kami sebetulnya, mereka dapat satu pengalaman yang berharga. Biasanya tim AJC hanya punya persiapan selama satu bulan, tapi saat ini dengan persiapan yang cukup diharapkan ada prestasi,” kata Kabid Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti.

“Seleksi ini diadakan agar lebih fair. Ini menunjukkan siapapun yang berprestasi, ya silahkan. Saya tidak akan melihat nama atlet atau mereka dari klub mana, yang penting yang terbaik untuk Indonesia,” lanjut Susy.

Tahap seleksi tim inti AJC 2017 diambil dari nama-nama pemain dengan rangking tertinggi. Selain itu PBSI juga memanggil beberapa atlet dengan prestasi terbaik dalam dua turnamen sirkuit nasional terakhir.

“Ada beberapa pantauan dan penilaian, yang tentunya kami harapkan siapapun yang terpilih bisa diterima dengan fair. Jadi mereka dikasih kesempatan yang sama, dan mereka menunjukkan hasilnya. Kami harapkan ini bisa jadi ajang penyeleksiapan mereka ke tahap yang lebih tinggi,” ujar Susy.

Susy juga menyampaikan untuk nama-nama yang belum lolos agar tidak langsung patah semangat. Karena PBSI, kata Susy, akan terus memantau prestasi para atlet muda ini hingga ke kejuaraan dunia junior, bulan Oktober mendatang.

“Ini baru awal, untuk yang belum lolos jangan patah semangat. Kedepannya PBSI akan terus memantau. Mungkin kalau hasil dari tim ini kurang bagus, kami akan cari lagi untuk kejuaraan dunia junior nanti. Makanya saya bilang untuk atlet yang belum lolos, latihan lagi. Seleksi akan terus kami lakukan untuk menentukan siapa yang terbaik,” jelas Susy.

Tim inti AJC 2017 secara keseluruhan akan diumumkan menyusul setelah diterbitkannya surat keputusan dari PBSI.

Berikut data lengkap atlet yang lolos seleksi:

Tunggal Putra:

– Nyoman Tryadnya Arya Kurniawan (Jaya Raya Jakarta)

Tunggal Putri:

– Sri Fatmawati (Jaya Raya Jakarta)

Ganda Putra:

– Ferdian Mahardika Ranialdy/Ghifari Anandaffa Prihardika (Jaya Raya Jakarta)

– Alfandy Rizki Putra Kasturo/Emanuel Randy Febrito (Jaya Raya Jakarta)

– Adnan Maulana/Rizki Adam (Jaya Raya Jakarta/Candra Wijaya International Badminton Club)