(China Masters 2017) Tiga Ganda Campuran Indonesia Amankan Tempat di Babak Kedua

(Jakarta, 19/4/2017)

Tiga pasangan ganda campuran Indonesia telah mengamankan tempat di babak kedua turnamen China Masters 2017 yang kini tengah berlangsung di Changzhou, Tiongkok.

Pasangan Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami lebih dulu melaju dengan mengalahkan wakil Taiwan, Liu Wei Chan/Cheng Yu Chieh, dalam permainan straight game, 22-20, 21-18. Langkah Yantoni/Gischa kemudian disusul oleh senior mereka, Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia.

Hafiz/Shela yang merupakan unggulan kedua ini juga memulangkan pasangan asal Taiwan, Yang Po-Hsuan/Wen Hao Yun, juga dengan dua game langsung, 21-17, 21-19. Sementara Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja mendapat bye dan tidak bertanding, langsung ke babak kedua, karena calon lawan Edi/Gloria yang tadinya ada di babak kualifikasi, mendapat promosi langsung ke babak utama.

“Kami agak grogi di lapangan karena angin lumayan kencang, tapi tadi coba yang terbaik saja. Kami mencoba menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan, lampu di lapangan juga sedikit silau dan shuttlecock yang dipakai berat. Tapi kalau sudah dapat feelingnya sudah enak kok,” kata Gischa saat dihubungi Badmintonindonesia.org.

“Di babak kedua besok, kami coba main maksimal saja, tidak ada strategi khusus yang penting saya harus menjaga komunikasi dengan partner di lapangan,” kata Yantoni yang bersama Gischa akan ditantang unggulan pertama, Zhang Nan/Li Yinhui (Tiongkok).

Sementara itu kabar kurang menggembirakan datang dari nomor tunggal putra dimana satu-satunya wakil tersisa yaitu Firman Abdul Kholik, juga mesti angkat koper usai dikalahkan Lin Chia Hsuan (Taiwan), dengan skor 17-21, 21-14, 19-21.

Di nomor ganda putra, dua wakil Merah-Putih terhenti di babak pertama. Mereka adalah Sabar Karyaman Gautama/Frengky Wijaya Putra yang ditaklukkan Lin Shang Kai/Yang Po-Hsuan (Taiwan), dengan skor 18-21, 18-21. Pasangan Kenas Adi Haryanto/Moh Reza Pahlevi Isfahani pun harus mengakui ketangguhan unggulan keempat asal Tiongkok, Liu Cheng/Zhang Nan, dengan skor 15-21, 18-21.

Masih ada dua kesempatan untuk mengirim wakil ke babak kedua lewat pasangan Berry Angriawan/Hardianto dan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf yang masih belum bertanding. Pasangan Hendra Setiawan/Tan Boon Heong (Indonesia/Malaysia) sudah lolos ke babak kedua dengan mengalahkan Liao Kuan Hao/Lu Chia Pin (Taiwan), dengan skor 21-16, 18-21, 21-12. (*)