(Malaysia Super Series Premier 2017) Rian/Fajar Belum Mampu Bayar Kekalahan

(Kuching, 6/4/2017)

Setelah berjuang tiga game, pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih belum mampu menuntaskan perlawanan Li Junhui/Liu Yuchen (Tiongkok) di babak kedua Malaysia Open Super Series Premier 2017. Dalam pertarungan babak kedua yang berlangsung di Stadion Perpaduan, Fajar/Rian tunduk dengan skor akhir 15-21, 21-17, 21-11.

Bermain agresif di game pertama, Fajar/Rian berhasil memegang kendali permainan. Li/Liu yang tak dapat menguasai keadaan dan tertinggal jauh hingga 4-14 dan game pertama pun menjadi milik Fajar/Rian.

Di game kedua, Li/Liu mulai menerapkan permainan cepat dan tajam yang menjadi senjata mereka. Fajar/Rian cukup kewalahan, sempat mengimbangi skor sampai 6-6, Li/Liu semakin tak terkejar. Sayangnya penampilan Fajar/Rian di game ketiga justru antiklimaks dengan banyaknya unforced errors yang mereka lakukan.

“Waktu game ketiga itu kami kalah unggul di servis dan pukulan pembukaan, jadi kami ketinggalan jauh,” ungkap Fajar ketika diwawancara Badmintonindonesia.org.

“Sebetulnya kami menerapkan pola permainan yang sama dari game pertama sampai ketiga, yaitu main no lob. Namun di game pertama kami jarang membuat kesalahan sendiri, mainnya lebih safe,” tambah Rian.

“Kami tidak puas dengan hasil ini, seharusnya kami bisa memanfaatkan kesempatan dan membayar kekalahan kami. Kami kalah di faktor ketenangan, lawan lebih bisa mengontrol lapangan,” jelas Fajar yang bersama Rian juga pernah dikalahkan Li/Liu di ajang All England 2017 dengan skor 19-21, 16-21.

Masih ada dua pasangan ganda putra Indonesia yang akan bertanding di babak kedua. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamujo akan menantang Liu Cheng/Zhang Nan (Tiongkok), sedangkan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro akan berhadapan dengan Or Chin Chung/Tang Chun Man (Hong Kong). (*)