(All England Open 2017) Tontowi/Liliyana Dihadang Pasangan Inggris

(Birmingham, 10/3/2017)

Langkah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di All England Open 2017 akhirnya harus terhenti di babak perempat final. Mereka kalah tiga game dari Chris Adcock/Gabrielle Adcock dengan skor 21-16, 19-21 dan 12-21.

Tontowi/Liliyana mengawali game pertama dengan penampilan yang cukup meyakinkan. Mereka berhasil melaju tanpa memberikan kesempatan buat Adcock/Adcock untuk menyamakan kedudukan.

Masuk ke game dua, keadaan berbalik. Tontowi/Liliyana justru harus terus berada di bawah bayang-bayang Adcock/Adcock, dan tertinggal 0-7 dan 4-11. Tak menyerah begitu saja, Tontowi/Liliyana secara perlahan mulai menyamakan kedudukan. Hingga akhirnya mereka balik unggul 19-17 dari lawan. Sayang setelah itu, empat poin berturut justru direbut Adcock/Adcock. Tontowi/Liliyana pun kalah 19-21.

“Game kedua sayang sekali kami tidak bisa ambil padahal sudah unggul 19-17. Harusnya saya main panjang-panjang, tapi saya malah main halus, jadinya ketebak sama lawan. Empat poin saya yang bikin mati. Itu cukup berpengaruh dalam permainan kami berikutnya,” ujar Tontowi.

“Kuncinya memang ada di game kedua. Karena setelah ketinggalan dan balik mengejar, permainan kami sebenarnya sudah balik enak di lapangan. Di situ empat poin beruntun berpengaruh sekali buat kami,” kata Liliyana menambahkan.

Pada game penentu, pasangan Indonesia ini hanya bisa unggul di poin awal saja, dengan 3-0 dan 4-3. Poin-poin berikutnya, Tontowi/Liliyana kembali ditekan oleh lawan. Mereka mengaku tak bisa mengembangkan permainannya, meski sudah berusaha.

“Di game ketiga kami nggak mau lengah dan kalah begitu saja. Kami tetap mencoba bangkit. Tapi lawan sudah lebih in dan percaya diri. Jadi berapa kali kami mencoba, tetap tertekan terus, nggak bisa keluar dari permainan lawan,” jelas Liliyana.

“Game ketiga mereka sudah lebih percaya diri. Dan kami juga mainnya lambat,” tambah Tontowi.

Kekalahan Tontowi/Liliyana di babak perempat final, menyamai pencapaian mereka tahun lalu di turnamen ini. Pada All England 2016, Tontowi/Liliyana juga dikalahkan Adcock/Adcock di delapan besar.

“Nggak ada pengaruhnya penampilan kami hari ini dengan hasil tahun lalu. Toh dua pertemuan terakhir juga kami bisa menang. Cuma karena kesalahan di game kedua, jadinya kami balik tertekan,” kata Liliyana.

Hasil pertandingan babak perempat final All England Open 2017 selengkapnya, bisa diakses di sini. (*)