Hendra Setiawan dan Chen Long Diangkat Jadi Duta Integritas BWF

(Jakarta, 9/3/2017)

Badminton World Federation (BWF) baru saja menjadikan Hendra Setiawan dan Chen Long (Tiongkok) sebagai Integrity Ambassadors (Duta Integritas) dalam rangka mempromosikan kampanye bulutangkis sebagai olahraga yang bersih, adil dan terhormat.

Hal ini disampaikan dalam penyelenggaraan kejuaraan All England Open Superseries Premier 2017 , (8/3) di Birmingham, Inggris. Dituturkan Presiden BWF, Poul-Erik Hoyer, Hendra dan Chen memiliki sikap dan kepribadian yang layak untuk dijadikan teladan, baik di lapangan maupun di luar lapangan.

“Pribadi Chen dan Hendra adalah ikon dalam olahraga kita,” ujar Hoyer.

“Keduanya sudah mencapai sukses di level olimpiade dan kejuaraan dunia, serta berbagai turnamen bergengsi dunia, termasuk gelar All England,”.

“Mereka juga dihormati oleh rekan-rekannya, Chen dan Hendra menggambarkan sosok ideal dari kampanye integritas kami,” ujar Hoyer seraya menambahkan bahwa dukungan dari para atlet sangatlah penting untuk mendukung suksesnya program ini.

Chen dan Hendra bergabung bersama para bintang bulutangkis lainnya menjadi Duta Integritas BWF yaitu Christinna Pedersen (Denmark), Viktor Axelsen (Denmark) dan Saina Nehwal (India) serta Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang).

Perkenalan Duta Integritas ini merupakan langkah terbaru dari inisiatif integritas BWF yang diberi tajuk “I am Badminton”, yang dimulai pada 2015 lalu. Para duta akan merepresentasikan serta mempromosikan nilai-nilai dari kampanye ini lewat bulutangkis ke seluruh dunia.

“Saya senang bisa menjadi Duta Integritas BWF. Saya akan menjalankan tugas ini dengan baik,” ujar Hendra.

“Ini menjadi hal yang sangat bagus untuk bulutangkis, karena olahraga ini harus bersih dari doping, kecurangan pengaturan hasil pertandingan dan kecurangan lainnya. Hal ini menjadi sesuatu yang harus disikapi dengan serius oleh para atlet,” tambah peraih medali emas ganda putra di Olimpiade Beijing 2008 bersama Markis Kido.

Chen juga mengutarakan hal serupa dengan Hendra, ia mengaku senang bisa menjadi duta program yang berslogan “I am Clean, I am Honest, I am Badminton,” yang tertulis pada banner bergambarkan dirinya.

“Ini adalah suatu kehormatan untuk saya, diangkat menjadi Duta Integritas BWF. Saya berharap semua turnamen bulutangkis dimainkan secara fair dan seluruh atlet berkompetisi dengan bersih,” ucap peraih medali emas tunggal putra di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini. (*)