(Thailand Masters 2017) Singkirkan Wakil Tuan Rumah, Alfian/Annisa Maju ke Semifinal

(Bangkok, 10/1/2017)

Sorak sorai pendukung Thailand di Nimibutr Stadium tampaknya tak menjadi masalah bagi Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika kala menghadapi wakil tuan rumah, Supak Jomkoh/Puttita Supajirakul, di babak perempat final kejuaraan Thailand Masters 2017. Wakil Indonesia ini sukses mengalahkan Jomkoh/Supajirakul dengan dua game langsung, 21-17, 21-18.

Dari awal game pertama, Alfian/Annisa bermain agresif dan selalu mencari peluang untuk menyerang. Saat unggul 20-12, Alfian/Annisa tampak lengah, hal ini dimanfaatkan Jomkoh/Supajirakul untuk menekan hingga mereka bisa mendekat jadi 17-20. Satu kesalahan sendiri yang dilakukan Supajirakul yang gagal menyeberangkan bola membuat Alfian/Annisa mengamankan game pertama.

Pada game kedua, pasangan Thailand mencoba untuk mempercepat tempo permainan, kedua pasangan terus berkejaran angka, namun Alfian/Annisa tak mau memberikan kesempatan lawan untuk menekan mereka.

Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan Ronald Alexander/Melati Daeva Octavianti pada babak kedua. Ronald/Melati dikalahkan Jomkoh/Supajirakul dengan skor 19-21, 20-22.

“Kemarin dan hari ini kami sama-sama menghadapi pasangan Thailand, bedanya kali ini pemain putrinya lebih senior. Walaupun menang dua game langsung, menurut kami pertandingan hari ini lebih sulit dari yang kemarin,” ungkap Annisa kepada Badmintonindonesia.org.

“Hari ini kami banyak menerapkan strategi bermain no lob, sebisa mungkin kami tidak mau mengangkat bola, kami tidak mau memberikan kesempatan lawan untuk menyerang. Saat unggul di game pertama dan kesusul, kami memang agak lengah karena sudah unggul jauh, makannya kami hati-hati sekali waktu saat kritis di game kedua,” beber Alfian soal pertandingan.

“Kami bersyukur dengan hasil ini, awal yang baik untuk tahun ini, kami bisa maju dulu ke semifinal, targetnya sih ingin juara. Tahun lalu kan kami merasa stuck banget,” ujar Annisa ketika ditanya makna selebrasinya yang berteriak kencang.

Saat berita ini diturunkan, pasangan ganda putri Della Destiara Haris/Apriani Rahayu dan Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian tengah berhadapan dengan wakil Tiongkok. Della/Apriani sementara kalah di game pertama 18-21 atas Chen Qingchen/Jia Yifan, sedangkan Rian/Fajar dihadang Huang Kaixiang/Wang Yilyu, 14-21, 13-21.

Hasil sementara babak perempat final Thailand Masters 2017 dapat dilihat di sini. (*)