(Thailand Masters 2017) Ini Target Utama Tim Tunggal Putra di Tahun 2017

(Bangkok, 8/2/2017)

Tim utama tunggal putra pelatnas PBSI tahun ini ditarget untuk menembus rangking 20 dunia. Hal ini disampaikan Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI Hendry Saputra disela-sela mendampingi anak-anak didiknya pada kejuaraan Thailand Masters 2017.

Saat ini tim utama tunggal putra ada tujuh pemain yaitu Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting, Muhammad Bayu Pangisthu, Firman Abdul Kholik, Panji Ahmad Maulana dan Krisna Adi Nugraha.

Jonatan, Ihsan dan Anthony merupakan tiga pemain teratas yang sudah wara-wiri di turnamen level elit seperti super series dan super series premier. Saat ini baru Jonatan yang berada di 20 besar dunia, yaitu di rangking 19. Sedangkan Anthony dan Ihsan masing-masing di peringkat 36 dan 38 dunia.

“Sebetulnya tahun lalu mereka sudah berhasil melampaui target, namun mereka harus mengikuti PON dan absen di beberapa turnamen, sehingga poinnya hilang. Tahun sebelumnya, hasilnya lumayan bagus, jadi poinnya hilang cukup banyak. Selain itu di Denmark dan French Open, hasil pertandingan mereka kurang bagus,” ujar Hendry saat diwawancara Badmintonindonesia.org.

“Tahun ini saya inginnya mereka semua masuk 20 besar, di turnamen pun setidaknya bisa masuk final dulu, tetapi saya optimis hasilnya bisa lebih,” tambahnya.

Tak cuma meningkatkan target di tahun 2017, Hendry juga mengubah program latihan di pelatnas. Intensitas latihan kembali ditingkatkan.

“Program latihan tahun ini lebih ditingkatkan lagi. Dengan kembalinya pelatnas dibagi menjadi tim utama dan pratama, kami tim pelatih bisa lebih fokus lagi dalam meningkatkan standard latihan,” sebutnya.

Pada ajang Thailand Masters 2017, lima dari tujuh pemain utama tunggal putra pelatnas diturunkan. Hendry menetapkan semifinal menjadi target minimal timnya di kejuaraan yang berlangsung di Bangkok, 7-12 Februari 2017 ini.

“Dari lima pemain (Jonatan, Ihsan, Anthony, Bayu dan Firman), setidaknya harus ada satu yang tembus semifinal di turnamen ini,” ucap Hendry.

Saat berita ini diturunkan, baru Ihsan Maulana Mustofa yang berhasil menembus babak 16 besar. Sayangnya Jonatan harus terhenti di putaran kedua, sementara Anthony, Bayu dan Firman masih belum bertanding. (*)