(Thailand Masters 2017) Menegangkan, Firman Akhirnya Tundukkan Wakil Tuan Rumah

(Bangkok, 7/2/2017)

Penonton di Nimibutr Stadium harus menelan kekecewaan di hari pertama penyelenggaraan Thailand Masters 2017. Salah satu pemain tunggal putra senior Thailand, Suppanyu Avihingsanon, mesti tersingkir di babak pertama setelah ditundukkan Firman Abdul Kholik. 

Firman akhirnya menggenggam tiket babak kedua setelah menang rubber game atas Avihingsanon dengan skor 21-13, 19-21, 23-21. 

Duel dua pemain ini berlangsung sangat seru. Firman yang sudah menang mudah di game pertama, mendapat perlawanan di game kedua. Avihingsanon mempercepat tempo permainan dan seringkali melancarkan smash kerasnya ke arah Firman. Tampaknya perubahan ini tak dapat diantisipasi oleh Firman, ia pun harus kehilangan game kedua.

Di game penentuan, keadaan kembali menegangkan. Kedua pemain terus berkejaran angka hingga akhir game. Firman yang sudah lebih dulu unggul pasa kedudukan game point 20-19, melakukan kesalahan sendiri dengan gagal menyeberangkan bola. Avihingsanon menyamakan kedudukan 20-20 dan kemudian balik unggul 21-20. 

Pada saat kritis ini, Firman bermain dengan tenang hingga akhirnya menyelesaikan game ketiga dengan kemenangan. Satu bola tanggung pengembalian Avihingsanon langsung disambarnya, tiket babak kedua pun direbut Firman. 

Ini adalah kemenangan kedua Firman atas Avihingsanon. Skor pertemuan menjadi 2-0 untuk keunggulan Firman.

"Saat kritis, saya modal yakin, karena lawan pasti semangat didukung supporter tuan rumah. Kemenangan sebelumnya membuat saya makin percaya diri bisa mengalahkan dia lagi," ujar Firman yang ditemui setelah bertanding. 

"Sebetulnya secara teknik permainan, Firman unggul, terutama di bola-bola depan. Namun lawannya kan lebih matang, jadi dia tahu kapan mencuri kesempatan Firman lengah," kata Hendry Saputra, Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI yang mendampingi Firman saat bertanding. 

"Waktu poin-poin kritis, Firman bisa lebih tenang, dia tidak terpancing lawan, permainannya seperti di game pertama. Kalau di game kedua, Firman agak lengah, banyak smash nya yang out," beber Hendry.

Firman menyusul Ihsan Maulana Mustofa yang lebih dulu lolos ke babak kedua dengan mengalahkan Noppanai Singrueang (Thailand), 21-11, 21-3. 

Muhammad Bayu Pangisthu juga sudah melaju ke babak kedua dengan menundukkan wakil tuan rumah, Saran Jamsri, dengan skor 21-16, 21-16. 

Dua wakil pelatnas masih akan bertanding, mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Sedangkan Tommy Sugiarto tengah bertanding melawan R. Satheishtharan (Malaysia). (*)