(China International Challenge 2017) Ahsan/Rian Lewati Babak Pertama

 

(Jakarta, 12/1/2017)

Pasangan baru Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro berhasil melewati rintangan pertama di kejuaraan China International Challenge 2017. Kejuaraan berhadiah total 50 ribu Dollar AS ini tengah berlangsung di Hainan, Tiongkok, 10-15 Januari 2017.

Ini menjadi kejuaraan ketiga bagi kedua pemain ini. Sebelumnya mereka pernah berpasangan di turnamen China Open Super Series Premier 2016 dan Hong Kong Open Super Series 2016. Sebelum berpasangan dengan Ahsan, Rian sempat berpasangan dengan Berry Angriawan dan Hendra Setiawan. Sementara Ahsan juga pernah berpasangan dengan Berry.

Ahsan/Rian yang merupakan pemain senior memang sengaja ambil bagian di kejuaraan level international challenge, karena tengah mengejar poin menuju turnamen bergengsi All England Super Series Premier 2017 pada Maret mendatang.

Di laga pertama turnamen China International Challenge 2017, Ahsan/Rian menaklukkan Di Zijian/Zheng Binbin yang merupakan wakil tuan rumah. Pasangan unggulan pertama ini menang dengan skor 12-13, 11-4, 11-6, 11-8.  

Sistem skor 11 yang diterapkan di turnamen ini sempat menjadi perhatian untuk Ahsan/Rian, maklum saja keduanya telah terbiasa latihan dan bertanding dengan sistem skor reli poin 21.

“Lumayan ada kesulitan juga di awal-awal permainan karena baru kali ini bermain dengan skor 11,” kata Ahsan yang dihubungi Badmintonindonesia.org. di Hainan.

“Kalau ditanya lebih enak mana skor 21 atau 11, sekarang sih rasanya lebih enak skor 21 karena sudah terbiasa saja. Mungkin kalau sudah sering latihan dan tanding dengan skor 11 jadi terbiasa dan enak juga mainnya,” tambah Ahsan.

Ahsan juga mengomentari soal pemain-pemain muda Tiongkok di kejuaraan tersebut yang dinilainya bagus dan berpotensi.

“Pemain muda China banyak yang bagus, kalau berhadapan dengan mereka tidak boleh lengah dari awal,” tutur Ahsan, Juara Dunia 2013 dan 2015 bersama Hendra Setiawan.

Di babak selanjutnya, Ahsan/Rian akan berhadapan dengan Liu Shiwen/Shang Yichen (Tiongkok) untuk memperebutkan tiket semifinal.

Indonesia hanya mengirim dua wakil ke turnamen ini. Di tunggal putra ada Andre Marten yang hari ini dikalahkan Sun Feixiang (Tiongkok) dengan skor 6-11, 13-12, 4-11, 6-11. (*)