(Blibli.com Kejurnas PBSI 2016) Tundukkan Jaya Raya Jakarta 3-0, Djarum Kudus Rebut Gelar Juara

(Solo, 10/12/2016)

Setelah enam tahun menanti, tim Djarum Kudus akhirnya kembali menjadi kampiun di turnamen beregu campuran Blibli.com Kejuaraan Nasional PBSI 2016. Pada laga final yang berlangsung di GOR Sritex, Solo, Djarum Kudus menundukkan juara bertahan Jaya Raya Jakarta dengan skor sempurna 3-0, tanpa kehilangan satu game pun. Tim Djarum Kudus terakhir kali menjadi juara beregu di ajang kejurnas pada tahun 2010  di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Hasil ini memang sesuai dengan strategi kami dimana kami mau mengamankan partai pertama karena kami kuat di sektor ganda campuran. Kami mengupayakan ganda campuran dimainkan di partai pertama dengan memainkan Debby (Susanto) rangkap di ganda putri,” ujar Fung Permadi, Manajer Tim Djarum Kudus.

“Selanjutnya, kami memang harus berterima kasih kepada Ihsan (Maulana Mustofa) dan (Mohammad) Ahsan/Kevin (Sanjaya Sukamuljo). Hari ini memang terlihat bahwa seorang pemain yang berpengalaman dapan menguasai situasi pada saat diperlukan, dan ini yang terjadi pada Ahsan/Kevin,” ujar Fung.

“Hari ini adalah proses dari empat tahun yang lalu, sejak tahun 2014 kami memimpikan untuk juara lagi setelah juara di Makassar,” tambah Fung.

Pasangan juara All England 2016 Praveen Jordan/Debby Susanto membuka kemenangan tim Djarum Kudus dengan mengalahkan Alfian Eko Prasetya/Greysia Polii. Di partai kedua, Ihsan Maulana Mustofa menyelesaikan tugasnya dengan baik, ia menyumbang angka kedua untuk Djarum Kudus setelah menaklukkan Krisna Adi Nugraha.

Sempat tampil mengkhawatirkan dengan dua kekalahan di laga penyisihan dan semifinal, pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo justru menjawab keraguan banyak pihak dengan menjadi penentu kemenangan tim Djarum Kudus. Keduanya menang atas andalan Jaya Raya Jakarta, Hendra Setiawan/Angga Pratama dalam dua game langsung, 21-19, 21-15.

“Kali ini kami bermain lebih fokus dan lebih fight, nggak mikirin yang kemarin kalah. Kami cuma berpikir dapat poin, nggak mikirin yang lain-lain,” ungkap Ahsan kepada Badmintonindonesia.org.

Berikut hasil pertandingan babak final beregu campuran dewasa divisi I Blibli.com Kejurnas PBSI 2016:

Ganda Campuran

Praveen Jordan/Debby Susanto vs Alfian Eko Prasetya/Greysia Polii 21-13, 21-15

Tunggal Putra

Ihsam Maulana Mustofa vs Krisna Adi Nugraha 22-20, 21-14

Ganda Putra

Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Hendra Setiawan/Angga Pratama 21-19, 21-15

Tunggal Putri

Dinar Dyah Ayustine vs Ruselli Hartawan – tidak dimainkan

Ganda Putri

Debby Susanto/Rosyita Eka Putri Sari vs Anggia Shitta Awanda/Greysia Polii – tidak dimainkan