(Blibli.com Kejurnas PBSI 2016) Jaya Raya dan Djarum Sama-sama Targetkan Juara

(Solo, 5/12/2016)

Dua klub terkuat di ajang Blibli.com Kejuaraan Nasional PBSI 2016 diperkirakan bakal kembali saling berhadapan di final. Tim unggulan pertama Djarum Kudus bakal dapat perlawanan paling sengit dari rival terberatnya, Jaya Raya Jakarta.

Tak tanggung-tanggung, tim Djarum Kudus diperkuat pasangan peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Bukan cuma punya satu andalan, tim yang dikepalai oleh Fung Permadi ini bahkan diperkuat dua pasangan ganda campuran elit dunia. Selain Tontowi/Liliyana, juga ada pasangan juara All England 2016, Praveen Jordan/Debby Susanto.

Di sektor ganda putra, Djarum yang berada di grup A ini diperkuat Mohammad Ahsan yang merupakan Juara Dunia 2013 dan 2015 bersama Hendra Setiawan (Jaya Raya).

“Tim PB Djarum menargetkan juara, langkah pertamanya adalah berjuang untuk menjadi juara grup A. Kami berharap di semifinal bisa mendapat lawan yang dapat kami hadapi, karena kami tahu di grup B ada tim kuat Jaya Raya,” kata Fung dalam konferensi pers yang berlangsung di Hotel Amaris, Solo, Senin (5/12) siang.

“Tim Jaya Raya memang tim yang kuat, mereka punya pemain-pemain level dunia yang masih menguasai perbulutangkisan Indonesia,” tambah Fung.

Sementara itu, Jaya Raya yang merupakan juara bertahan, juga menargetkan naik podium juara. Tim yang sudah lima kali menjadi juara ini tengah mengincar gelar keenam di kejurnas beregu.

“Kalau melihat materi pemain, logikanya Djarum bisa juara karena materi pemain Djarum luar biasa. Tetapi balik lagi, ini kan turnamen beregu, sangat berbeda dengan perorangan. Bukannya sombong, tetapi Jaya Raya hampir selalu solid di tiap pertandingan beregu,” ujar Imelda Wiguna, mantan pemain era 80-an yang kini menjadi Manajer Tim Jaya Raya Jakarta.

Duel antara dua klub besar ini memang sudah sering terjadi, keduanya sering saling mengalahkan. Masing-masing punya keunggulan dan kelemahan di tiap sektor yang sudah sama sama dipelajari.

Pada Kejurnas 2014 yang berlangsung di GOR Bima, Cirebon, Jawa Barat, tim Jaya Raya berhasil mengalahkan Djarum Kudus di final dengan skor 3-2. Seperti sudah diperkirakan, pertandingan memang berlangsung hingga laga terakhir karena kedudukan sempat imbang 2-2.

Jaya Raya memetik kemenangan dari Hendra Setiawan/Angga Pratama (ganda putra), Bellaetrix Manuputty (tunggal putri) dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (ganda putri). Sementara Djarum Kudus memenangkan dua poin lewat kemenangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran) dan Dionysius Hayom Rumbaka (tunggal putra).

Berikut daftar urutan unggulan Blibli.com Kejurnas PBSI 2016 Divisi I :

1.    Djarum Kudus

2.    Jaya Raya Jakarta

3.    Mutiara Cardinal Bandung

4.    Suryanaga Mutiara Timur Surabaya

5.    Tangkas Jakarta

6.    SGS PLN Bandung

7.    Exist Jakarta

8.    USM Jaya, Semarang

9.    Guna Dharma, Bandung

10. PMS, Solo

Hasil Undian

Grup A

Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, Tangkas Jakarta, Exist Jakarta, USM Jaya, Semarang

Grup B

Jaya Raya Jakarta, Suryanaga Mutiara Timur Surabaya, SGS PLN Bandung, PMS Solo, Guna Dharma Bandung