(China Open 2016) Rebut Juara, Tontowi/Liliyana Tambah Koleksi Gelar

(Fuzhou, 20/11/2016)

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses menambah koleksi gelar usai memetik kemenangan di China Open Super Series Premier 2016. Mereka menang usai berhadapan dengan Zhang Nan/Li Yinhui, Tiongkok, 21-13, 22-24 dan 21-16.

“Kami bersyukur hari ini bisa menang. Lawan tidak bisa dibilang mudah juga. Apalagi Zhang Nan merupakan pemain yang berpengalaman, dia banyak meng-cover permainan. Tapi kami bermain lebih sabar dan tenang di lapangan. Setelah menang Olimpiade kemarin, kami tampil lebih percaya diri,” ujar Liliyana.

“Persiapan kami sebenarnya tidak begitu maksimal. Tapi kami datang kesini dengan keinginan untuk menampilkan permainan terbaik kami,” tambah Tontowi.

Ganda campuran terbaik Indonesia ini berhasil memimpin jalannya pertandingan di game pertama. Tanpa pernah tersusul keduanya terus melaju hingga menang 21-13.

Game berikutnya, tak mulus seperti di awal. Tontowi/Liliyana tertinggal 1-5 dari Zhang/Li dan terus berada di bawah bayang-bayang lawannya tersebut. Di poin 15-19, Tontowi/Liliyana sempat membuka peluang dengan mencuri lima angka berurutan, menjadi 20-19. Sayang setelah setting poin tiga kali, Tontowi/Liliyana harus kalah tipis 22-24.

Masuk ke game tiga, Tontowi/Liliyana tampil lebih percaya diri. Mereka melesat 6-0 dan terus meninggalkan lawan 14-7, 16-10 hingga menang 21-16.

Dengan demikian Indonesia berhasil pulang dengan membawa dua gelar juara. Sebelumnya pasangan ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juga telah menduduki podium utama. Mereka mengalahkan unggulan empat turnamen, Mathias Boe/Carsten Mogensen, Denmark.

Kemenangan Tontowi/Liliyana sekaligus memupuskan asa tim Tiongkok untuk merebut gelar di kandangnya sendiri. Empat wakil Tiongkok yang melaju ke final, tak ada yang berhasil menjadi yang terbaik.

Lihat hasil pertandingan babak final China Open 2016, selengkapnya di sini. (*)