Gelar Kejuaraan Bulutangkis Antar Media Dibagi Rata

Jakarta,

Kejuaraan Bulutangkis Antar Media 2016 Wilayah Barat yang digelar di Gelanggang Remaja Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 10-11 November berlangsung sukses.

Tiga gelar yang diperebutkan pun dibagi secara merata. Untuk KU di bawah 35 tahun gelar juara direbut pasangan TVRI Pascal/Sofyan, untuk KU 35-45 juara direbut ganda Bulutangkis.com Ben Jufri/Ahmad dan KU di atas 45 tahun pasangan Pikiran Rakyat Dani/Tatang keluar sebagai juara.

Selain berhak atas hadiah uang tunai 4 juta rupiah, para juara secara otomotis akan lolos ke Grand Final yang akan digelar di GOR Jati, Kudus, 30 November-1 Desember mendatang.

Pasangan Pascal/Sofyan dari TVRI meraih kemenangan mudah di partai puncak ini, menang dua game langsung  21-11, 21-12 atas ganda NET TV Adi Mangun/Ervin. Perjuangan keras Pascal/Sofyan justru terjadi babak semifinal. Menghadapi juara bertahan Robby/Koko di babak senmi final, Pascal/Sofyan harus bermain tiga game 21-18, 16-21 dan 21-19.

Pascal yang sudah tiga kali mewakili Wilayah Barat ke Kudus mengakui lawan terberat sepanjang turnamen adalah Robby/Koko. “Pertandingan semifinal memang cukup berat, di final kebetulan lawan yang dihadapi Ervin masih mengalami cidera sehingga kita lebih mudah memenangkan pertandingan," ujar Pascal.

Di KU 45 tahun ke atas pasangan Pikiran Rakyat Tatang/Dani di final menang dua game langsung dari pasangan Sumarjo/Slamet 21-10, 21-14. Sumarjo yang merupakan langganan juara pada turnamen kali ini tampil tidak maksimal mengingat kondisi fisiknya kurang prima. Juara tiga bersama diraih Halim/Rozi MNC Sport dan Cecep/Dede Pikiran Rakyat

Pada KU 35-45 tahun pasangan Bulutangkis.com Ben Jufri/Ahmad meraih gelar juara setelah di final menang runner game 21-16, 20-22 dan 21-12 dari pasangan Pikiran Rakyat Mirza/Robby. Peringkat tiga bersama ditempati Asep/Andri dari Pikiran Rakyat, dan Arland/Agus dari Beritasatu.

Ketua umum PP PBSI Wiranto menutup kejuraaan secara resmi, dalam sambutannya Wiranto menyatakan peran wartawan dan media sangat penting dalam rangka kesuksesan bulutangkis di pentas dunia.

“Saya ucapkan selamat bagi para pemenang, dan yang belum menang juga jangan kecewa, peran media sesungguhnya adalah membangun bulutangkis melalui tulisan-tulisan di media. Sejauh ini peran media sangat positif dalam perkembangan bulutangkis Indonesia,” ujar Wiranto.

Selain Wiranto, acara penutupan juga dihadiri oleh ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta Alex Tirta dan advisor Djarum Foundtion Yan Haryadi. Usai zona Barat kejuaraan akan berlanjut ke Semarang 16-17 November dan Surabaya 23-24 November. (*)