(BWF World Junior Championships 2016) Andika/Rinov Tak Merasa Terbebani

Bilbao, 10 November 2016

Andika Ramadiansyah/Rinov Rivaldy menjadi satu-satunya pasangan ganda putra yang masih bertahan di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2016. Mereka sukses mengantongi kemenangan di babak 32 besar dan 16 besar pada Kamis (10/11).

Di babak 32 besar yang digelar siang hari, Andika/Rinov sukses mengatasi wakil Hong Kong, Chow Hin Long/Lam Wai Lok dengan 21-12 dan 21-12. Sementara di babak 16 besar, Andika/Rinov berhasil menundukkan wakil Thailand, Warit Saparat/Panachai Worasaktayanan dengan 21-10, 20-22 dan 21-12.

“Di game kedua mereka lebih berinisiatif untuk menyerang, di game pertama dan ketiga kami lebih bisa membuat mereka untuk terus bertahan,” ujar Andika.

Di babak perempat final yang akan digelar Sabtu (11/11) siang waktu Bilbao, Andika/Rinov akan menghadapi Fan Qiuyue/Xiangyu Ren. Ini adalah ulangan perempat final Kejuaraan Asia Junior (AJC) 2016 di Bangkok bulan Juli lalu. Kala itu, Andika/Rinov dipaksa mengakui keunggulan ganda Tiongkok itu dengan 17-21 dan 19-21.

“Saya ingin bisa membalas kekalahan saya di Bangkok, semoga nanti bisa,” tambah Rinov.

Menjadi satu-satunya wakil di nomor ganda putra yang tersisa, baik Andika maupun Rinov mengaku tak terbebani. “Jadi satu-satunya wakil saya sendiri merasa tidak terbebani, justru ini menjadi motivasi untuk saya agar bisa tampil lebih baik lagi,” pungkas Andika.

Indonesia sebenarnya memiliki dua wakil lainnya yang berlaga. Sayang, Muhammad Fachrikar/Bagas Maulana kandas di babak 32 besar. Mereka kalah dari pasangan Rusia, Ridoin Alimov/Pavel Kotsarenko, sementara Rizki Adam/Calvin Kristanto kalah di babak 16 besar. Mereka gagal mengatasi unggulan dua asal Tiongkok, He Jiting/Tan Qiang. Mereka menyerah 17-21 dan 19-21.

Babak perempat final akan dimulai pukul 11.00 waktu setempat besok (11/11), atau pukul 17.00 WIB. Di nomor ganda putra, babak perempat final lainnya akan mempertmukan unggulan teratas, Han Chengkai/Zhou Haodong dari Tiongkok melawan Jun Hao Leong/Zi Heng Ooi dari Malaysia, Lee Hong Sub/Llim Su Min dari Korea akan berhadapan dengan He Jiting/Tan Qiang dari Tiongkok serta Pakin Kuna-Anuvit/Natthapat Trinkajee dari Thailand akan berjumpa dengan wakil Perancis, Thom Gicquel/Toma Junior Popov. (*)