(BWF World Junior Championships 2016) Rinov/Apriani Kembali Harus Kerja Keras

Bilbao, 10 November 2016

Unggulan dua ganda campuran di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2016, Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu kembali harus kerja keras. Di babak 16 besar yang digelar pada Kamis (10/11) sore waktu setempat, Rinov/Apriani dipaksa harus bertarung tiga game oleh Pachaarapol Nipornram/Ruethaichanok Laisuan.

Diawal game pertama, Rinov/Apriani tampil meyakinkan mereka bisa unggul 13-9. Namun, kesalahan beruntun membuat skor mereka menjadi imbang diangka 13. Mereka pun akhirnya harus kehilangan game pertama dengan 18-21.

“Di game pertama saya sendiri sempat kendor,” ujar Rinov singkat.

Namun mereka tak menyerah begitu saja, game kedua berhasil mereka curi dengan 21-11. Pertarungan sengit kembali terjadi di game penentu. Kejar mengejar angka terjadi, tetapi kali ini, Rinov/Apriani tak mengizinkan lawan mereka untuk bisa melampaui raihan angka mereka. Unggul tipis 11-10 di interval, mereka akhirnya menutup laga dengan 21-17.

“Pasangan Thailand ini susah ditembus, pertahanan mereka bagus. Ditambah power saya sendiri memang agak sedikit berkurang, karena ini ketiga kalinya saya bertanding hari ini,” tambah Rinov.

“Kalau di pertandingan tadi, saya sendiri memang sempat menganggap enteng lawan malah jadinya ketinggalan dan saya jadi beban sendiri. Tetapi setelah itu bisa lepas dari tekanan, dan alhamdulillah masih bisa menang,” tambah Apriani.

Sang pelatih, Enroe Suryanto pun punya catatan sendiri untuk anak didiknya ini. “Jadwal pertandingan hari ini dari babak 32 dan babak 16 ini memang cukup padat, saya lihat juga mereka fokusnya sudah mulai turun. Tadi saya coba untuk motivasi mereka, biar mereka gregetnya dapat lagi. Fokusnya memang sering hilang, tidak bisa lengah sedikit di pertandingan seperti ini,” ujarnya.

Selain Rinov/Apriani, Indonesia pun sudah mengamankan satu tiket perempat final lainnya. Amri Syahnawi/Vania Arianti Sukoco sukses menang 21-17 dan 21-15 atas Yazgan Calisir/Kader Inal.  Amri/Vania selanjutnya akan menantang unggulan teratas asal Tiongkok, He Jiting/Du Yue.

“Hari ini mereka sudah menyelesaikan pertandingan mereka kecuali Apriani dan Rinov yang masih akan bertanding, semoga nanti mereka bisa istirahat cukup. Untuk Amri/Vania, lawannya memang nanti lebih matang, tetapi saya berharap mereka bisa tampil all out di perempat final nanti,” pungkasnya.

Rinov dan Apriani memang masih menyisakan satu pertandingan. Rinov akan turun bersama Andika Ramadiansyah, mereka akan melawan Warit Sarapat/Panachai Worasaktayanan dari Thailand, sementara Apriani akan bertanding bersama Tania Oktaviani Kusumah melawan unggulan dua asal Jepang, Sayaka Hobara/Nami Matsuyama.

Jadwal dan hasil pertandingan selengkapnya bsia diakses di sini. (*)