(BWF World Junior Championships 2016) Gabriela Berawal Dari Tempat CD

Bilbao, 8 November 2016

Gabriela Meilani Moningka menjadi salah satu srikandi muda yang berjuang di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2016. Ia pun mengawali debutnya di Bilbao Arena pada Selasa (8/11) petang waktu setempat. Mendapat bye di babak pertama, Gabriela berhasil melangkah ke babak ketiga setelah menang 21-18 dan 21-13 atas Yvonne Li dari Jerman.

“Di game pertama saya masih belum bisa maksimal, karena banyak mati sendiri. Inginnya cepat matikan lawan eh malah mati sendiri. Di game kedua saya lebih bisa bermain sabar,” ujar Gabriela.

Atlet yang lahir di Jayapura, 30 Juli 1999 ini mengawali karir karena dorongan sang ibu, Debby Nander. “Dulu awalnya bulutangkis itu diajakin mama. Ikut-ikut main, ya mainnya juga di halaman rumah, pakai tempat CD gitu belum pakai raket. Lama-lama malah jadi senang sama bulutangkis, masuk PB Pemda di Jayapura, sampai pernah ngga mau pulang karena inginnya latihan, bisa sampai jam 12 malam,” kenang Gabriela.

Demi mengembangkan karirnya Gabriela pun pernah berpindah klub. Ia tercatat pernah menjadi atlet PB Djarum, Exist Jakarta dan saat ini Gabriela berada dibawah bendera Jaya Raya. Bungsu tiga bersaudara pasangan Michael Moningka dan Debby ini pun menuturkan ingin bisa sukses tak hanya di lapangan bulutangkis.

“Harapannya semoga bisa sukses bukan hanya menang prestasi di bulutangkis, tetapi juga di kehidupan di luar bulutangkis juga,” tutur penggemar Saina Nehwal ini.

Langkah Gabriela di WJC kali ini pun tak akan mudah. Di babak ketiga yang akan digelar besok (9/11) Gabriela akan berhadapan dengan unggulan 12, Pattarasuda Chaiwan. Atlet asal Thailand ini dipaksa kerja keras oleh Emma Karlsson dari Swedia.

“Untuk lawan Thailand besok, saya ingin fokus di setiap poin,” ujarnya singkat.

Langkah Gabriela ke babak ketiga ini menyusul langkah Gregoria Mariska. Gregoria melaju usai menang telak 21-2 dan 21-2 atas Gabriele Paskeviciute dari Lithuania. Sementara itu, Aurum Oktavia Winata harus kandas. Berhadapan dengan unggulan 13 asal Malaysia, Thinaah M, Aurum dipaksa menyerah 18-21, 21-12 dan 15-21.

Hasil pertandingan selangkapnya bisa diakses di sini. (*)