(BWF World Junior Championships 2016) Indonesia Finis di Urutan Lima

Bilbao, 6 November 2016

Putra putri terbaik U19 Indonesia akhirnya harus puas finis di urutan ke lima Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2016 yang digelar di Bilbao, Spanyol. Di Bilbao Arena, punggawa dan srikandi muda terhenti di perempat final usai kalah 1-3 atas Malaysia, dan akhirnya di babak penentuan ranking 5 hingga 8, Indonesia berhasil meraih kemenangan 3-0 atas India, dan 3-1 atas Taiwan.

Hasil ini tentu tak lebih baik dari catatan tim merah putih di tiga edisi WJC terakhir, dimana skuad muda selalu bisa tampil di partai puncak. “Memang hasil atas Taiwan sudah sesuai dengan prediksi kita, dan secara keseluruhan saya sebagai tim manajer meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa ini hasil terbaik yang kita dapatkan. Mungkin memang belum seusai harapan, tetapi inilah hasil terbaik dan sudah maksimal dari anak-anak ini untuk pertandingan beregu,” ujar manajer tim, Fung Permadi.

“Kedepannya masih ada beberapa kesalahan yang akan kita perbaiki, dan ini menjadi bahan evaluasi kita untuk ke depannya,” lanjutnya.

Sementara itu Chief de Mission WJC kali ini, Achmad Budiharto menuturkan hal senada. “Hasil ini memang belum sesuai harapan, karena targetnya bisa mengulang hasil tahun lalu. Dan hasil kelima ini tidak terlalu jelek, tetapi melihat dari perjuangan anak-anak saya kira sudah maksimal. Dan tentu menjadi bahan evaluasi. Ada beberapa sektor yang kita masih punya kelemahan. Tunggal putra harus diperbaiki dan memantapkan tunggal putri,” ujar Budiharto.

Dengan berakhirnya laga beregu, kini tim sudah harus kembali bersiap untuk menyongsong laga nomor individu. Perebutan Piala Eye Level akan dimulai Selasa (8/11) mendatang, kondisi semua atlet pun sejauh ini dalam keadaan prima.

“Kondisi anak-anak sejauh ini fit, hanya saja perubahan cuaca hari ini harus diwaspadai karena lebih dingin dari biasanya. Dan tentu mereka sudah dalam keadaan siap untuk bertarung,” pungkas Fung.

Berikut hasil pertandingan Indonesia vs Taiwan

Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu vs Chen Min Sin/Hu Ling Fang 21-15, 21-16

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Lee Chia Hao 15-21, 22-20, 13-21

Andika Ramadiansyah/Rinov Rivaldy vs Su Li Wei/Ye Hong Wei 21-16, 21-18

Gregoria Mariska vs Jhou Shih Jyun 21-9, 19-21, 21-10

Apriani Rahayu/Tania Oktaviani Kusumah vs Hu Ling Fang/Lee Chih Chen (tidak dimainkan) (*)