(BWF World Junior Championships 2016) Chico Genapi Kemenangan Indonesia Atas India

Bilbao, 5 November 2016

Indonesia akhirnya berhasil memetik kemenangan atas India dengan skor telak 3-0 di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2016 pada Sabtu (5/11) petang waktu setempat. Setelah unggul 2-0 melalui Muhammad Fachrikar/Bagas Maulana dan Aurum Oktavia Winata, Indonesia menyempurnakan kemenangan melalui tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo.

Berhadapan dengan Mithun Manjunath, Chico sempat tertekan di sepanjang game pertama. Meski sempat menyamakan kedudukan diangka 14, namun akhirnya Chico dipaksa menyerah 16-21 di game pembuka ini.

Di awal game kedua pun, Chico terlihat belum bisa lepas dari tekanan Mithun. Ia sempat tertinggal 6-11 di interval. Perlahan tapi pasti, Chico bisa menyamakan kedudukan diangka 11 untuk kemudian balik unggul 15-13. Chico pun mampu memaksakan untuk memainkan game ketiga setelah menang 21-17.

Memanfaatkan momentum di game kedua, Chico akhirnya bisa mendominasi permainan di game penentu. Mengendalikan permainan, atlet yang bergabung bersama Pelatnas di pertengahan tahun ini akhirnya mengukuhkan kemenangan Indonesia atas India dengan 21-16.

“Di game pertama, kalau dari segi permainan saya kurang berani di depan net. Saya terus membuka bagi lawan untuk menyerang pertahanan saya, jadinya saya banyak dipaksa bertahan,” ujar Chico usai laga.

“Di game kedua saya mulai berusaha untuk mengubah pola permainan saya. Saya lebih berani di depan net, dan tidak membiarkan dia untuk mengembangkan permainannya,” tambahnya.

Atlet binaan Exist Jakarta ini mengaku sejauh ini cukup puas dengan penampilannya di WJC. Meskipun ia sendiri menyayangkan penampilannya di perempat final saat melawan Malaysia. “Sejauh ini saya cukup puas dengan penampilan saya, hanya saja saat lawan Malaysia di perempat final, justru saya malah bermain jelek. Saya sering salah baca posisi lawan dan saya terus tertekan, tetapi untuk kedepannya saya sudah siap,” pungkasnya.

Dengan kemenangan ini, maka Indonesia selanjutnya akan berhadapan dengan Taiwan di perebutan ranking 5 dan 6. Taiwan akan menjadi lawan Indonesia setelah berhasil menang 3-0 atas Denmark. (*)