(French Open 2016) Jonatan & Jordan/Debby Terhenti, Indonesia Hanya Kirim Satu Wakil

(Paris, 29/10/2016)

Jonatan Christie dan Praveen Jordan/Debby Susanto sama-sama tak berhasil menyelesaikan misi di babak perempat final French Open Super Series 2016. Keduanya sama-sama dikalahkan wakil Tiongkok. Indonesia dipastikan hanya mengirimkan satu wakil ke semifinal, yaitu Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi.

“Perjuangan wakil Indonesia di French Open patut diapresiasi. Saya yakin mereka sudah memberikan penampilan yang maksimal. Untuk Angga/Ricky, semoga bisa tampil lebih all out di lapangan, pada babak semifinal nanti,” kata Gita Wirjawan, Ketua Umum PP PBSI.

Jonatan terpaksa menyerahkan kemenangan kepada lawannya, Shi Yuqi, usai bermain tiga game 21-12, 19-21 dan 16-21.

Di game pertama, Jonatan berhasil tampil prima dengan terus memimpin perolehan angka di lapangan. Namun di game kedua, setelah terpaut tipis, Jonatan tertinggal 12-18 dan 14-20. Jonatan sempat membuka peluang dengan merebut lima poin berurutan, menjadi 19-20. Sayang setelah itu, satu poin langsung direbut Shi.

Di game ketiga pada posisi unggul 13-9, Jonatan justru harus mendapat perawatan medis. "Pertengahan game ketiga, pergerakan kaki saya terhambat, karena ada kulit jari kaki saya yang sobek,” kata Jonatan.

“Setelah itu Shi Yuqi banyak kasih bola yang tarik-tarik saya ke ujung lapangan, mungkin karena dia tahu juga saya lagi sakit kakinya. Jadi saya nggak bisa maksimal buat bergerak,” ungkap Jonatan.

Sama halnya dengan Jonatan, pasangan ganda campuran, Jordan/Debby juga dikalahkan Tiongkok, yaitu Zheng Siwei/Chen Qing, 18-21 dan 14-21. Ini merupakan kekalahan ketiga Jordan/Debby Zheng/Chen. Kekalahan terakhir mereka terjadi di Denmark Open 2016, pekan lalu.

“Kondisi kami kurang langsung fight di awal game kedua. Kendalanya hanya di pola main aja yang nggak cocok, kami harus latihan lagi,” kata Jordan.

“Mereka tampil lebih baik dan sabar dibanding sebelumnya,” tambah Debby lagi.

Hasil lengkap pertandingan French Open 2016, babak perempat final (28/10), bisa diakses di sini. (*)